Rabu 04 May 2022 11:11 WIB

Blinken: Perang Perburuk Masalah Amerika

Naiknya harga dan turunnya ketersediaan pangan dikhawatirkan tingkatkan kemiskinan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
 Menteri Luar Negeri Antony Blinken. Blinken mengatakan perang di Ukraina memperburuk masalah-masalah yang sudah ada di dunia bagian Barat.
Foto: AP/Alex Brandon/Pool AP
Menteri Luar Negeri Antony Blinken. Blinken mengatakan perang di Ukraina memperburuk masalah-masalah yang sudah ada di dunia bagian Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan perang di Ukraina memperburuk masalah-masalah yang sudah ada di dunia bagian Barat. Isu-isu yang sebelumnya dipicu pandemi virus corona seperti naiknya angka kemiskinan.

Naiknya harga dan turunnya ketersediaan pangan akibat perang dikhawatirkan akan meningkatkan angka kelaparan di negara lain. Dalam kegiatan tahunan Conference of the Americas Luncheon Blinken mengatakan dampak perang yang terjadi setelah pandemi menimbulkan "kerugian ekonomi masif di seluruh kawasan."

Baca Juga

"Kini dengan perang brutal agresi pemerintah Rusia pada Ukraina, telah memperburuk masalah-masalah yang sudah ada, kondisi yang sudah ada sebelumnya," kata Blinken di Washington, Selasa (3/5/2022).

"Menaikan harga komoditas esensial di seluruh kawasan Amerika, mulai dari pupuk sampai gandum sampai bensin, memotong pasar ekspor penting bagi banyak industri di Amerika, memaksa rumah tangga di seluruh kawasan untuk membuat pilihan memilukan karena biaya hidup meroket," tambahnya.

Blinken berencana memimpin dua rapat PBB pada akhir bulan ini. Pertemuan itu fokus membahas bagaimana perang di Ukraina dan konflik lainnya telah berdampak pada ketersediaan dan harga pangan. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement