Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Pertamina Cilacap Bantu Pemadaman Kebakaran Kapal Nelayan 

Rabu 04 May 2022 06:31 WIB

Red: Bayu Hermawan

Petugas pemadam kebakaran dan basarnas tengah memadamkan api dari ledakan kapal di dermaga Wijayapura, Cilacap.

Petugas pemadam kebakaran dan basarnas tengah memadamkan api dari ledakan kapal di dermaga Wijayapura, Cilacap.

Foto: (Dok. Basarnas)
Pertaminan Cilacap bantu pemadaman kebakaran kapal nelayan di Pelabuhan Batere

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT Kilang Pertaminan Internasional (KPI) Refinery Unit IV Cilacap menerjunkan tim pemadam kebakaran (Damkar) untuk membantu proses pemadaman kebakaran yang melanda sejumlah kapal nelayan di Dermaga Batere, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna, mengatakan sebagai respons cepat terhadap upaya pemadaman kebakaran tersebut, pihaknya menerjunkan dua unit tug boat (TB) yang terdiri atas TB Transko Murai beranggotakan 10 personel dan TB Patra Tunda beranggotakan 13 personel. Pihaknya juga mengerahkan dua unit "fire truck" (FT) yang terdiri atas FT-34 dan FT-41 dengan total personel 15 orang yang dilibatkan dalam penanganan insiden kebakaran tersebut.

Baca Juga

Menurutnya, kepedulian tersebut merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi Tim Damkar RU IV Cilacap bersama potensi lain dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Cilacap serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cilacap. "Kami tentu turut prihatin atas insiden ini. Semoga keterlibatan damkar dari fungsi HSSE RU IV turut mempercepat pemadaman," katanya, Selasa (4/5/2022) malam.

Cecep memastikan insiden kebakaran sejumlah kapal nelayan tersebut tidak mengganggu distribusi bahan bakar minyak (BBM) karena lokasi kejadian berjarak sekitar 1,5 kilometer dari jetty Dermaga 70. "Jauh dari perimetri pelabuhan Jetty RU IV. Kondisi kilang, pelabuhan Jetty, dan alur kapal tangker, aman," katanya.

Kebakaran tersebut pertama kali terjadi pada salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batre pada Selasa, pukul 17.10 WIB, yang diawali dengan ledakan dari kapal tersebut.Tidak lama kemudian, kobaran api merambat ke kapal-kapal lain yang sedang bersandar di Dermaga Batere. 

Bahkan, kebakaran meluas hingga Dermaga Wijayapura (tempat penyeberangan khusus menuju lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan) yang letaknya berdekatan dengan Dermaga Batre. Hingga pukul 23.00 WIB, upaya pemadaman kebakaran tersebut masih berlangsung dan diperkirakan lebih dari 10 kapal nelayan yang terbakar dalam insiden tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA