Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Hari Kedua Lebaran, Terminal Bekasi Angkut Ribuan Pemudik Lokal

Selasa 03 May 2022 22:32 WIB

Red: Bayu Hermawan

Sejumlah calon penumpang besiap menaiki bus di terminal Bekasi, Jawa Barat (ilustrasi)

Sejumlah calon penumpang besiap menaiki bus di terminal Bekasi, Jawa Barat (ilustrasi)

Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Pemudik lokal di Terminal Bekasi masih cukup tinggi pada hari kedua Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI --Terminal Bekasi di Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi mengangkut ribuan pemudik lokal tujuan se-Provinsi Jawa Barat pada hari kedua Lebaran 1443 Hijriah. Enam unit armada bus tambahan dikerahkan untuk mengangkut pemudik lokal.

"Masih cukup banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik di hari kedua Lebaran ini," kata pengelola perusahaan otobus di Terminal Bekasi, Mulyadi, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga

Mulyadi mengatakan, pemberangkatan pemudik di Terminal Bekasi sejak pukul 05.00-12.00 WIB sudah mencapai 2.679 penumpang dengan tujuan sejumlah kota di Jawa Barat menggunakan 120 armada bus. Masih tingginya masyarakat yang antusias melakukan perjalanan mudik menyebabkan pihaknya diharuskan menambah sebanyak enam unit armada yang diperbantukan dari garasi Cikarang. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi antrean penumpang di Terminal Bekasi dikarenakan menunggu armada bus dari Jawa Barat yang tiba di Terminal Bekasi.

"Bahkan tadi ada yang diperbantukan dari Cikarang sebanyak enam armada. Jumlah ini kalau dibandingkan hari kemarin pas Lebaran, masih sama. Kota tujuan itu mayoritas ke Bandung dan Tasikmalaya, pemudik jarak dekat," katanya.

Mulyadi mengatakan banyaknya pemudik yang masih melakukan perjalanan ke Jawa Barat dikarenakan enggan terjebak kemacetan saat mudik sebelum Lebaran. "Kalau kemarin mungkin masih banyak penumpang yang mengunjungi keluarga di Bekasi sehingga baru berangkat hari ini. Kemudian bisa juga karena banyak yang menghindari macet," katanya.

Salah satu pemudik Firman (43) mengaku sengaja melakukan perjalanan mudik hari ini karena ingin bersilaturahmi terlebih dahulu dengan sejumlah kerabatnya di Kota Bekasi sebelum mudik ke Bandung. "Kalau hanya Bandung saja kan dekat. Jadi tidak apa-apalah telat mudik. Kebetulan ada keluarga juga di sini. Jadi Lebaran pertama kumpul-kumpul dulu di sini," ucapnya.

Andi (54) pemudik yang hendak berangkat ke Tasikmalaya mengatakan bahwa dirinya tidak ingin terjebak kemacetan terlalu lama di ruas tol. Ia memanfaatkan sisa cuti Lebaran untuk mudik bersama keluarga dan berencana kembali pada tanggal 7 Mei 2022 mendatang. "Cutinya masih sampai tanggal 9 Mei. Paling hanya tiga hari di Tasik, terus pulang lagi. Kemarin lihat di berita Tol Jakarta-Cikampek ramai sekali bahkan hingga menunggu berjam-jam makanya lebih baik mudik sekarang," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA