Selasa 03 May 2022 15:30 WIB

Libur Lebaran, Lokawisata Baturraden Targetkan 6.000 Wisatawan per Hari

Lokawisata Baturraden Targetkan 6.000 Wisatawan per Hari

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bayu Hermawan
Sejumlah wisatawan mengunjungi lokawista Baturraden, Banyumas, Jateng (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Sejumlah wisatawan mengunjungi lokawista Baturraden, Banyumas, Jateng (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Obyek wisata di Kabupaten Banyumas mulai dipadati pengunjung pada libur Lebaran 2022. Lebih dari 6.000 wisatawan diperkirakan telah mengunjungi Lokawisata Baturraden, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, selama hari pertama dan kedua Idul Fitri 1443 H.

Koordinator Lokawisata Baturraden, Agus Riyanto, menjelaskan pada hari pertama Lebaran jumlah pengunjung sebesar 1.189 orang dan 4.400 pada siang hari kedua. "Ini masih belum begitu ramai dibandingkan tahun 2019, karena perekonomian kan belum pulih. Tapi mudah-mudahan hari ini bisa sampai 6-7 ribu pengunjung," ujar Yanto kepada Republika.co.id, Selasa (3/5/22).

Baca Juga

Menurut Yanto, diperkirakan pengunjung masih akan memadati lokawisata hingga tanggal 17 Mei mendatang. Prediksi rata-rata pengunjung yang datang mencapai 6.000 per hari.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Banyumas menargetkan obyek wisata baru di Baturraden seperti Taman Botani dan Bukit Bintang dapat dibuka pada libur Lebaran. Akan tetapi, obyek wisata baru tersebut tampaknya baru bisa dikunjungi saat libur akhir tahun.

"Kemungkinan semua obyek wisata baru dapat selesai dibangun 6-8 bulan mendatang. Jadi perkiraan waktu libur akhir tahun," kata Yanto.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani, menambahkan, puncak libur Lebaran yakni pada tanggal Ahad (8/5/22) hingga Senin (9/5/22) mendatang.

"Dibandingkan libur lebaran sebelum covid selama 10 hari itu sekitar 125 ribu pengunjung. Kita mungkin 75 persen sudah sangat bagus, syukur ya bisa 100 ribu lebih," ujar Asis.

Salah seorang pengunjung, Rahmat (50 tahun), warga asal Patikraja, menilai jalan-jalan di hari kedua Lebaran semacam tradisi yang harus dijalankan. Apalagi setelah dua tahun pandemi telah membatasi pergerakan masyarakat.

"Saya kesini sama rombongan keluarga, udah lama nggak jalan-jalan Lebaran," kata Rahmat, yang berliburan bersama lima orang anggota keluarganya.

Meskipun obyek wisata baru di Lokawisata Baturraden belum bisa dibuka, namun sudah ada beberapa obyek wisata di Purwokerto yang bisa dinikmati oleh pengunjung, seperti Menara Teratai Purwokerto di Jalan Bung Karno dan Taman Mas Kemambang. Menara Teratai Purwokerto telah dibuka pada Kamis (28/4/22) lalu dan Taman Mas Kemambang akan dibuka pada sore hari ini, Selasa (3/5/22) oleh Bupati Banyumas Achmad Husein. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement