Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Polres Cianjur Berlakukan Sistem Satu Arah Menuju Bogor Mulai dari Puncak Pass

Selasa 03 May 2022 14:47 WIB

Red: Andri Saubani

Polisi mengarahkan pengendara saat pemberlakuan ganjil-genap di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ilustrasi)

Polisi mengarahkan pengendara saat pemberlakuan ganjil-genap di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ilustrasi)

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Antrean kendaraan menuju Bogor dari Cianjur, pada Selasa siang meningkat tajam.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Polres Cianjur, Jawa Barat, pada hari kedua Lebaran 2022 memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor mulai dari Puncak Pass, Selasa (3/5/2022) siang. Sistem one way, sebagai upaya antisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan dari kedua arah Bogor menuju Cianjur atau sebaliknya.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan di Cianjur, Selasa mengatakan menjelang siang antrean kendaraan menuju Bogor dari Cianjur, meningkat tajam dengan ekor antrean mencapai 5 kilometer. Sehingga, pihaknya berkoordinasi dengan Polres Bogor.

Baca Juga

"Kita akan berlakukan sistem satu arah menuju Bogor, mulai dari Jalur Cipanas-Puncak, sebagai upaya antisipasi terjadinya macet total sekitar pukul 14.00 WIB. Volume kendaraan di jalur utama Cianjur, meningkat sejak pagi hingga Senin siang," katanya.

Sejak pagi, pihaknya melakukan sejumlah rekayasa untuk mencegah terjadinya antrean. Namun, menjelang siang volume kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor terus meningkat, didominasi kendaraan bernomor polis Jabodetabek, di mana kendaraan pemudik dan pendatang yang hendak pulang setelah bersilaturahmi mulai berbaur.

Sistem satu arah yang dilakukan sifatnya situasional hingga ekor antrean di wilayah hukum Cianjur mencair. Sehingga pihaknya belum bisa memastikan berapa lama pemberlakuan sistem satu arah akan diterapkan dan akan diberlakukan kembali jika hal yang sama kembali terjadi.

"Kita lihat situasi kalau dalam waktu tertentu sudah mencair, maka arus lalu lintas akan dibuka normal kembali. Nanti kalau kembali terjadi antrean hal yang sama akan diberlakukan kembali setelah berkoordinasi dengan Polres Bogor," katanya.

Berdasarkan pantauan hingga pukul 13.50 WIB, Antara melaporkan antrean kendaraan dengan tujuan Bogor terus memanjang, laju kendaraan tersendat sehingga ekor antrean sebelum dilakukan sistem buka tutup terus memanjang. Sebagian kecil kendaraan yang terjebak antrean memilih tempat wisata untuk melepas lelah sebelum satu arah menuju Bogor diberlakukan.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA