Selasa 03 May 2022 14:10 WIB

Jalur Liburan Lebaran di Pansela, Ayo ke Pantai Gemah

Beberapa pantai terdapat di Pansela lot 6 Jawa Timur memiliki pemandangan yang indah.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah warga melihat proses evakuasi hiu paus (Rhincodon typus) yang terdampar dan mati di tepi Pantai Bayeman, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (23/4/2021). Hiu paus muda yang diperkirakan berumur antara 2-3 tahun dengan panjang 7,4 meter dan lingkar badan dua meter itu terdampar di perairan dangkal Pantai Gemah sejak Kamis (22/4) sekitar pukul 17.30 WIB setelah tubuhnya terjerat jaring pukat nelayan.
Foto: Destyan Sujarwoko/ANTARA
Sejumlah warga melihat proses evakuasi hiu paus (Rhincodon typus) yang terdampar dan mati di tepi Pantai Bayeman, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (23/4/2021). Hiu paus muda yang diperkirakan berumur antara 2-3 tahun dengan panjang 7,4 meter dan lingkar badan dua meter itu terdampar di perairan dangkal Pantai Gemah sejak Kamis (22/4) sekitar pukul 17.30 WIB setelah tubuhnya terjerat jaring pukat nelayan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah merampungkan pembangunan sejumlah ruas di jalan Pantai Selatan (Pansela). Terdapat salah satu ruas di Pansela yang tidak menjadi jalur mudik namun menjadi jalur liburan Lebaran 2022.

Ruas tersebut berada di Lot 6 Jalan Lintas Selatan yang menyambungkan Prigi-Batas Kabupaten Tulungagung-Klatak-Brumbun. Dari keseluruhan jalan yang saat ini masih dibangun itu, terdapat ruas yang sudah tersambung dan menjadi akses liburan menuju Pantai Gemah, Tulungagung, Jawa Timur.

“Untuk jalan lintas selatan yang sudah terbangun kita fokuskan untuk jalur liburan. Ketia masyarakat Lebaran lalu sampai ke kampungnya, bisa ke Pantai Gemah. Mudah sekali diakses,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.5 Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Made Artamana saat ditemui di lokasi pembangunan Lot 6 JLS, akhir pekan lalu.

Artamana memastikan, fasilitas infrastruktur juga disiapkan di kawasan Pantai Gemah untuk masyarakat yang berlibur. Artamana memastikan, akses jalan menuju Pantai Gemah cukup mulus meskipun ruas lainnya di Lot 6 masih dalam pembangunan.

“Itu kami usahakan tidak ada lubang sepanjang jalan. Karena banyak spot foto, kita rapikan jalannya. Jadi jalur liburan. Liburannya orang Lebaran,” tutur Artamana.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Achmad Subki mengatakan, beberapa ruas jalan yang sudah selesai akan disiapkan menjadi jalur penghubung wisata Lebaran 2022. Terutama di pekerjaan Lot 6 sepanjang 18,18 kilometer yang pembangunanya sudah mencapai 78,4 persen.

“Ketika liburan Lebaran tahun 2022 karena kita sebagian masih konstruksi maka tidak akan jadi jalur mudik, tetapi untuk beberapa ruas Pansela di Jawa Timur yang sudah tersambung kita fokuskan untuk dimanfaatkan sebagai jalur liburan Lebaran, salah satunya untuk menuju Pantai Gemah yang sudah bisa terakses,” ungkap Subki.

Suki mengharapkan, pembangunan ruas jalan ini diharapkan bisa memperlancar arus perekonomian barang jasa. Selain itu, meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata khususnya di daerah Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek.

“Jalan ini nantinya bisa memutus kesenjangan perekonomian antara jalur pantai utara dan selatan, ditambah jalur lintas selatan lot 6 ini dipenuhi dengan potensi wisata alam dengan banyak terdapat pantai,” ujar Subki.

Beberapa pantai yang terdapat di Pansela lot 6 Jawa Timur ini adalah Pantai Ngelarap Besuki, Pantai Gemah, Pantai Kuteng Watulimo, Pantai Karanggongso, Pantai Pasir Putih, Pantai Genjor, Pantai Popoh, dan Pantai Kapal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan jalur Pansela yang dibangun sudah tembus dari Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. "Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak enam tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur,” ungkap Basuki.

Basuki memastikan, Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat juga tengah membangun tempat istirahat yang akan menyajikan pemandangan indah. Khususnya, saat melalui ruas-ruas Pansela di Jawa Timur.

Berdasarkan data ada di tiga titik rest area yang tengah dibangun, pertama ada di Tumpak Oentang di Kab Trenggalek seluas 25 hektare yang menyajikan pemandangan Teluk Perigi di bagian kanan. Begitu juga dengan Teluk Gemah di bagian kiri dan perbukitan yang terhampar hijau.

Rest area selanjutnya adalah rest area Gemah seluas 3 hektare dengan potensi  pantai yang masih belum terjamah banyak wisatawan seperti Pantai Kuteng Watulimo Trenggalek. Potensi wisata selanjutnya adalah pembangunan rest area yang terdapat di Pantai Brumbun di wilayah Tulungagung seluas 3 hektare dengan pemandangan bukit-bukit hijau dan dipenuhi tanaman jagung. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement