Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Jokowi Imbau Pemudik Pulang dari Kampung Halaman Lebih Awal

Selasa 03 May 2022 12:42 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani

Presiden Joko Widodo dan Iriana saat bersilturahim via video call dengan wakil presiden Ma

Presiden Joko Widodo dan Iriana saat bersilturahim via video call dengan wakil presiden Ma

Foto: Youtube/Sekretariat Negara
"Jangan (pulang) bersamaan pada Sabtu atau Minggu," kata Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau para pemudik yang akan balik dari kampung halamannnya kembali lebih awal. Presiden Jokowi meminta agar saat balik tidak bersamaan di akhir pekan demi menghindari kemacetan di jalan tol maupun jalan nasional.

"Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun Pelabuhan di Merak-Bakauheni," ujar Jokowi di akun Instagram pribadinya, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga

Jokowi mengaku bersyukur arus mudik pada Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah ini lancar. Meski, ada sedikit kendala di lapangan seperti antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Menurutnya, ini karena volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga.

"Kapalnya sudah ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Saya kira dermaganya masih harus ditambah," katanya.

Ia menambahkan, terlebih mudik Lebaran tahun ini diikuti begitu banyak orang. Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Banyak sekali, saya mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal," katanya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA