Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Blackburn Rovers Jadi Klub Pertama di Inggris yang Gelar Shalat Id di Dalam Stadion

Selasa 03 May 2022 12:38 WIB

Rep: Andri Saubani/ Red: Andri Saubani

Blackburn Rovers

Blackburn Rovers

Foto: en.wikipedia.org
Peristiwa bersejarah shalat Id di Ewood Park viral di media sosial pada Senin (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BLACKBURN -- Ratusan orang berkumpul di Ewood Park pada Senin (2/5/2022) menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan. Foto udara yang diunggah oleh pihak klub Blackburn Rovers via Twitter memperlihatkan setengah lapangan Ewood Park diisi oleh umat Muslim yang melaksanakan shalat Idulfitri.

"Selama Idulfitri untuk semua di Blackburn Rovers. Pagi ini, #Rovers menjadi klub yang pertama di Inggris yang menyelenggarakan shalat Idulfitri di dalam stadion," demikian unggahan pesan pihak klub seperti dikutip the Guardian, Senin.

Baca Juga

Warga kelahiran Sudan, Ahmed Khalifa (37), yang baru pindah ke Blackburn dari Uni Emirat Arab empat bulan lalu, mengungkapkan betapa bahagianya dirinya saat melihat banyaknya orang di dalam stadion mengikuti ibadah shalat Id.

“Idulftri bagi Muslim adalah sesuatu yang sangat spesial, berkumpul bersama keluarga," ujarnya. "Saat ini, untuk kami khususnya, kami sangat merindukan keluarga kami," imbuhnya.

"Sehingga menjadi penting bagi kami memiliki kelompok ini. Sangat gembira melihat semua orang di sini (stadion). Masyarakat Blackbrun, mereka bagian dari komunitas, tapi bagi kami datang ke kota ini... sekarang Saya merasa bagian dari komunitas ini."

Blackburn Rovers saat ini berkompetisi di Divisi Championship, liga kelas dua di bawah Premier League. Khalifa sendiri adalah fan Manchester City, namun menyatakan bahwa dirinya sekarang juga menjadi pendukung Blackburn Rovers. 

Peristiwa bersejarah shalat Id berjamaah di Ewood Park pun viral di media sosial. Pihak klub kemudian menuai menuai banyak pujian dari kalangan umat Muslim di seluruh dunia. 

"Ini luar biasa," demikia salah satu cuitan, warganet. Yang lain menimpali, "Selamat untuk semua yang terlibat. Momen sangat spesial untuk kota kecil bernama Blackburn. Semoga klub-klub lain mengikuti."

Tidak hanya di Blackburn, ibadah shalat Id juga digelar di beberapa lokasi di Inggris kemarin. Di Birmingham, sekitar  30 ribu umat Muslim shalat di taman Small Heath, sementara sekitar 20 ribu orang melaksanakan shalat Id di taman Platt Fields di Manchester.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA