Selasa 03 May 2022 07:31 WIB

Potret Muslim Seluruh Dunia Rayakan Idul Fitri 1443 H

Umat beriman di seluruh dunia menandai datangnya hari itu dengan beragam kegiatan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Henna dengan pola rumit dikenakan untuk menandai Idul Fitri.
Foto: Antara/Feny Selly
Henna dengan pola rumit dikenakan untuk menandai Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi umat Islam, Hari Raya Idul Fitri merupakan tanda berakhirnya bulan puasa Ramadhan dan awal bulan Syawal. Momen itu menjadi kesempatan untuk bersenang-senang dan salah satu hari di mana puasa sunnah dilarang bagi semua Muslim.

Umat beriman di seluruh dunia menandai datangnya hari itu dengan beragam kegiatan, berdasarkan karakter dan budaya masing-masing negara dan bangsa. Namun, secara keseluruhan umat Muslim akan memilih merayakan hari besar terbesar itu dengan mengunjungi anggota keluarga, memberi penghormatan kepada orang-orang terkasih yang telah meninggal dan menikmati makanan yang pantang dinikmati selama siang hari di bulan Ramadhan.

Dilansir di Middle East Eye, Selasa (3/5/2022), salah satu elemen yang menarik dari festival Ramadhan untuk kalangan tua dan muda adalah mengenakan pakaian baru atau tradisional. Di Yaman, terlihat sekelompok pria dalam pakaian Sanaa mengenakan thobes dan jambiya, belati tradisional kecil yang melambangkan kekuatan dan kehormatan, diselipkan di ikat pinggang mereka.

Muslim membayar uang untuk amal, yang dikenal sebagai zakat fitrah, sebelum mereka memulai ibadah khusus yang disebut Shalat Ied. Ibadah tersebut hanya dilakukan pada pagi hari Idul Fitri dan secara tradisional diadakan di luar ruangan, jika cuaca memungkinkan.

Di Bishkek, Kirgistan, umat Muslim setempat termasuk presiden negara itu Sadyr Japarov terlihat melaksanakan ibadah dan shalat Ied bersama, dengan mengenakan ak-kalpaks atau topi kain tradisional yang unik di negara itu.

Di sisi lain, henna atau mehndi dalam budaya Muslim digunakan pada saat-saat tertentu, utamanya saat perayaan. Meski seringnya hal tersebut digunakan untuk pernikahan, beberapa komunitas di Somalia, Malaysia, Timur Tengah dan Asia Selatan juga menggunakannya untuk menghias tangan mereka, dengan pola rumit untuk menandai Idul Fitri.

Beberapa Muslim lainnya juga memiliki tradisi mengunjungi kuburan untuk mengenang orang-orang terkasih yang telah meninggal sebagai tanda penghormatan setelah salat Idul Fitri. Beberapa keluarga di Indonesia terbiasa berkumpul untuk membaca ayat-ayat Alquran sebelum melanjutkan perayaan hari itu.

Balon dan mainan lainnya biasanya dijual oleh pedagang kaki lima pada hari itu, menambah warna kemeriahan dan membawa kegembiraan bagi anak-anak. Seorang anak di Gaza terlihat bermain dengan balon dan di sini seorang anak laki-laki mengenakan bisht tradisional Palestina (jubah tipis yang dikenakan di atas thobe) dan keffiyeh digendong di pundak seorang kerabat di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Makanan khusus dan makanan penutup sering disiapkan oleh kolega dan keluarga pada Idul Fitri, untuk dihidangkan dan dibagikan bersama kerabat. Di distrik Sadriya Baghdad, orang-orang membeli geymar, yaitu krim kental kental yang secara tradisional dibuat dari susu kerbau. Kelezatannya biasanya dinikmati dengan disiram madu dan disajikan dengan kahi, salah satu jenis pastry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement