Senin 02 May 2022 20:30 WIB

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Manggarai Barat Hingga 5 Mei

BMKG memberikan peringatan dini waspada potensi cuaca ekstrem di Manggarai Barat.

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat memberikan peringatan dini waspada potensi cuaca ekstrem di Manggarai Barat hingga 5 Mei 2022.

"Masyarakat harus waspada cuaca ekstrem pada masa peralihan musim ini dengan berbagai potensi dampaknya," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat Sti Nenotek di Labuan Bajo, Senin (2/5/2022).

Dalam prospek cuaca BMKG, tiga kecamatan di wilayah Manggarai Barat perlu mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. Tiga kecamatan itu yaitu Kecamatan Ndoso, Kecamatan Kuwus, dan Kecamatan Kuwus Barat.

Selain potensi hujan lebat dan angin kencang, cuaca ekstrem juga berpotensi menyebabkan puting beliung, hujan es, sambaran petir, pohon tumbang, dan baliho roboh.

Atas kondisi ini, Sti mengingatkan warga untuk berhati-hati apabila hendak melakukan aktivitas baik di dalam maupun di luar rumah.

Dia menyarankan untuk tidak bepergian jika tidak terlalu penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Siti pun mengajak warga untuk tidak mempercayai berita hoaks terkait kondisi cuaca selain informasi resmi dari BMKG.

Dalam Prospek Cuaca Manggarai Barat, BMKG mencatat suhu muka laut di Manggarai Barat berkisar antara 29,0 derajat celcius hingga 31 derajat celcius dengan anomali suhu muka laut berkisar antara 0,0 derajat celcius hingga +2,0 derajat celcius.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement