Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Sambutan Anies Baswedan Sebelum Sholat Idul Fitri di JIS

Senin 02 May 2022 10:38 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Yudha Manggala P Putra

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta Internasional Stadium (JIS) saat sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah, Senin (2/5/2022)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta Internasional Stadium (JIS) saat sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah, Senin (2/5/2022)

Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Anies menyebut ini pertama kalinya JIS digunakan untuk sholat Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan sambutan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri tersebut, nampak ribuan jamaah memadati area sekitar JIS yang baru dibangun.

Dalam pidato sambutannya, Anies mengatakan, alhamdulillah, Allah telah mengizinkan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah pertama kalinya JIS digunakan untuk sholat Idul Fitri.

"Kita menjadi pribadi-pribadi yang pertama menggunakan tempat ini untuk bersyujud di hadapan Allah SWT," kata Anies saat memberikan pidato sambutan sebelum Sholat Idul Fitri di JIS pada Senin (2/5/2022).

Gubernur DKI Jakarta ini mengucapkan terimaksih kepada semua yang telah bekerja keras, bekerja keras membangun tempat ini, bekerja keras menyiapkan sholat Idul Fitri pagi hari ini.

"(Terimakasih) kepada para tamu undangan, warga Jakarta yang saya cintai, yang hari ini bersama sama berkumpul di sini," ujarnya.

Anies mengatakan, pada Idul Fitri kali ini ada banyak yang harus disyukuri atas rahmat-Nya yang menyertai semua, atas kesehatan yang dilimpahkan-Nya, atas perlindungan yang dikaruniakan-Nya, atas kemenangan di hari yang diberikan-Nya.

Ia mengungkapkan, ini adalah kemenangan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan dan perayaan besar. Karena perjuangan bersama mengendalikan pandemi Covid-19.

Anies menambahkan, ini juga adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti, akhirnya Jakarta memiliki stadionnya sendiri yaitu JIS. Stadium yang menjadi maha karya, bukan hanya bentuk fisiknya belaka, namun juga atas kerja keras dan atas kerja luar biasa dari anak negeri, atas visi dan cita-cita yang digantungkannya.

Anies berdoa, semoga stadium JIS ini menjadi ladang pahala, dan ladang keberkahan bagi semua yang memanfaatkannya. Alhamdulillah tahun ini Allah memberkahi umat Islam untuk bisa meryakan momen Idul Fitri bersama dengan keluarga tercinta. Setelah selesai sholat Idul Fitri semua akan pulang ke rumah masing-masing.

"Kita akan berkumpul bersama keluarga dan kita akan bersama di depan meja di hamparan karpet, menikmati jamuan lebaran di rumah nanti, jamuan lebaran adalah hasil persenyawaan dari berbagai macam bahan dan bumbu, semua yang berbeda diramu menjadi kelezatan yang dinikmati," kata Anies.

Ia menjelaskan, demikian juga Jakarta, demikian pula Indonesia, terdiri dari berbagai unsur yang bersenyawa, yang harus disyukuri dengan cara mengikhtiarkan persatuan. Karena persatuan tidak datang dengan sendirinya, persatuan harus terus menerus diusahakan.

Anies menyampaikan, selamat berkumpul, selamat menikmati hidangan bersama keluarga tercinta. Selamat bersilaturahmi dan selamat saling memaafkan.

"Semoga semangat kita terus terjaga untuk meningkatkan iman dan takwa, mensyukuri perbedaan, mengikhtiarkan persatuan yang dilakukan terus menerus, selamat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin," ujar Anies.

Fuji E Permana   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA