Demi Opor Lebaran, Indro Warkop Rela tak Makan Santan Selama Ramadhan

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

 Senin 02 May 2022 09:04 WIB

Aktor dan pelawak Indro Warkop menahan diri untuk tidak menyantap makanan bersantan selama Ramadhan agar bisa makan opor Lebaran. Foto: Republika/Erik Iskandarsjah Z Aktor dan pelawak Indro Warkop menahan diri untuk tidak menyantap makanan bersantan selama Ramadhan agar bisa makan opor Lebaran.

Indro Warkop menghindari kolak dan makanan bersantan lainnya selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dengan harapan kesehatannya terjaga, pelawak Indrodjojo Kusumonegoro rela tidak mengonsumsi santan selama Ramadhan. Aktor yang akrab disapa Indro Warkop itu melakukannya agar bisa menikmati hidangan Lebaran dengan aman.

"Saya udah siapin dari sekarang, saya nggak makan santan, kolak, yang santan-santan, supaya saya nanti seminggu bisa santan terus," kata Indro saat ditemui di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Indro mengatakan bisa menyantap ketupat dan opor di rumah sampai habis. Ia mengaku bisa konsisten makanan menu yang sama berhari-hari.

"Jadi, saya bisa seminggu makan itu terus," ujar aktor kelahiran 8 Mei 1958 itu.

Indro memiliki makanan favorit saat Lebaran. Selain hidangan ketupat lengkap dengan makanan tradisional, dia mengatakan, menu lidah cabai hijau adalah andalannya.

"Saya dari kecil, selain ketupat komplit, saya ada lidah cabai hijau, itu andalan," kata seniman asal Purbalingga itu.

Selain soal makanan, Indro mengatakan keluarganya masih mempertahankan tradisi sungkeman setelah sholat Id. "Saya masih pertahankan itu sungkeman. Dulu ada istri, dia sungkem saya, terus duduk di sebelah, baru dilanjut adiknya," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X