Suasana Persiapan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Sunda Kelapa

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Senin 02 May 2022 06:44 WIB

Jamaah laki-laki sudah mulai merapatkan shaf mengisi area yang sudah disediakan untuk sholat Idul Fitri 1443 di Masjid Agung Sunda kelapa. Foto: Dok Republika Jamaah laki-laki sudah mulai merapatkan shaf mengisi area yang sudah disediakan untuk sholat Idul Fitri 1443 di Masjid Agung Sunda kelapa.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tepat pukul 06.15 WIB jamaah Masjid Agung Sunda Kelapa sudah mulai mengisi tempat-tempat salat untuk mengikuti sholat Idul Fitri 1443H/2022M. Sampai pukul 6.34 WIb shaf-shaf sholat belum terisi penuh.

Berdasarkan pantauan Republika jamaah wanita ditempatkan di ruang utama masjid lantai 2. Sementara untuk jamaah laki-laki ditempatkan di area halaman terbuka di lantai dua.

Baca Juga

Tentu formasi seperti ini tidak seperti biasanya saat sholat lima waktu maupun sholat ibadah tarawih, di mana laki-laki menempati posisi di ruang utama untuk sholat sementara perempuan di bawah serta di sebelah belakang. Namun kali ini formasinya berbeda. Kenapa demikian?

Sekretariat Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa Ustadz Ahmad Zaini mengatakan formasi seperti sudah biasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Pertimbangannya karen jamaah laki-laki lebih banyak daripada perempuan sehingga laki-laki perlu disediakan tempat yang lebih luas.

"Karena wanita lebih sedikit dari laki-laki. Dan biasanya memang seperti ini saat pelaksanaan shalat Idul Fitri," kata Ustadz Ahmad, Republika, Senin(2/5/2022).

Jamaah yang di lapangan, juga terlihat sudah siap dengan memakai masker dan membawa alas sholat, karena panitia hanya memberikan alas terpal untuk shalat di beberapa spot saja. Meski demikian jamaah tak perli risau, jika lupa membawa alas shalat karena ada penjual alas koran untuk sebagai alas sholat.

Sesuai agenda pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri tahun ini diimami oleh Syekh Essam Almizjajy. Beliau asli kebangsaan Arab Saudi Madinah dan beiliau juga menempuh pendidikan di Madinah dan keturunan Yaman.

"Syekh Essam Almizjajy, salah satu imam tetap Masjid Agung Sunda Kelapa untuk Sholat Jumat dan pelaksanaan Sholat Tarawih dan Qiyamullail," katanya.

Seperti diketahui Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) menjadwalkan Prof. H. Azyumardi Azra, sebagai khatib shalat Idul Fitri 1443/2022. Materi khutbah yang akan dibaca Prof Prof. H. Azyumardi Azra temanya "Fitrah Memperkuat Ukhuwwah Untuk Kedamaian".