Ahad 01 May 2022 15:50 WIB

4 Tips Baterai Ponsel Tetap Awet Selama Mudik dan Libur Lebaran

Berikut empat hal yang bisa Anda lakukan untuk jaga baterai ponsel awet.

Rep: Meilizia Laveda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemudik memadati area Dermaga Eksekutif saat menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemudik memadati area Dermaga Eksekutif saat menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam situasi tertentu, banyak orang ingin baterai ponsel yang awet, misalnya selama perjalanan mudik dan libur Lebaran. Perjalanan panjang yang ditempuh saat mudik dapat membuat seseorang mudah bosan. Oleh karena itu, banyak yang menghabiskan waktu untuk bermain gawai.

Namun, kebiasaan ini perlu dikontrol. Sebab, jika tidak melihat waktu, baterai ponsel akan cepat habis dan tidak bisa digunakan pada saat dibutuhkan.

Penting untuk mengetahui tips menjaga baterai supaya tetap awet selama mudik dan libur Lebaran. Berikut empat hal yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip Popular Science, Ahad (1/5/2022):

1. Temukan aplikasi yang menguras baterai

Daya tahan baterai sangat mengkhawatirkan sehingga Apple dan Google telah menyertakan alat pemantauan dalam sistem operasi ponsel mereka. Alat tersebut memungkinkan Anda untuk memeriksa aplikasi mana yang menggunakan banyak daya.

Untuk mengeceknya, Anda bisa ketuk “Settings” di iOS dan pilih “Battery.” Sementara pengguna Android bisa memilih “Battery” lalu “Battery usage.”

2. Aktifkan fitur baterai bawaan

Setelah mengetahui aplikasi yang memakan banyak daya, Anda bisa mengaktifkan berbagai fitur yang disediakan ponsel untuk menghemat daya baterai. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan saat tingkat baterai ponsel turun ke tingkat tertentu atau diaktifkan secara manual.

Di perangkat Apple, ini disebut Low Power Mode dan Anda dapat menemukannya di bawah “Battery” di “Settings.” Sementara untuk versi Android terbaru, fitur ini disebut Battery Saver. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa buka “Battery” di “Settings.” Sama seperti fitur iPhone, mode ini akan mematikan beberapa layanan latar belakang, membatasi aplikasi yang tidak aktif, dan dapat diaktifkan secara manual atau otomatis.

3. Sesuaikan pengaturan ponsel

Layar besar dan terang merupakan salah satu faktor penguras baterai. Jadi, menurunkan kecerahannya atau beralih ke mode gelap dapat membantu masa pakai baterai. Anda dapat menemukan opsi ini di bawah “Display” di “Settings”  Android dan opsi “Display & Brightness” di “Settings” iOS.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi pemutaran audio juga dapat memengaruhi masa pakai baterai. Kecilkan volume film Netflix atau daftar putar Spotify Anda.

4. Putuskan sambungan telepon

Memutuskan sambungan telepon bisa menghemat daya baterai ponsel Anda. Anda bisa mengaktifkan mode Pesawat dan tingkat baterai ponsel tetap stabil. Namun, Anda tidak dapat menggunakan apa pun yang terhubung ke internet atau melakukan panggilan.

Anda bisa menggunakan mode Pesawat saat Anda berada di area terpencil atau susah sinyal.  Meskipun mematikan Bluetooth dan WiFi juga dapat meningkatkan masa pakai baterai, sebenarnya itu tidak membuat banyak perbedan dengan mode pesawat penuh. Streaming data melalui Bluetooth memang menghabiskan daya, tetapi hanya dengan mengaktifkannya tidak terlalu menjadi masalah selama masa pakai baterai. n meiliza laveda

Sumber: https://www.popsci.com/extend-your-phones-battery-life/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement