Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Mudik Pakai Kendaraan Listrik? Ini Titik Pengisian Bahan Bakar Listrik

Ahad 01 May 2022 14:09 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Muhammad Fakhruddin

PLN siapkan pasokan listrik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

PLN siapkan pasokan listrik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Foto: dok. pln
PLN sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masyarakat yang melakukan mudik menggunakan kendaraan listrik tak perlu khawatir untuk mengisi bahan bakar di tengah perjalanan. Pasalnya, PT PLN (persero) telah menyiapkan sejumlah titik lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) khususnya di sepanjang jalur mudik wilayah Jawa.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan, perseroan telah menyiapkan delapan SPKLU di rest area sepanjang Tol Trans Jawa.

Baca Juga

Adapun, kedelapan titik tersebut berada di Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo), Rest Area KM 389 B (Batang - Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang - Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci) dan Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Selain itu, para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di kantor wilayah PLN di sepanjang Jawa. Ia megatakan, PLN sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

"Para pemilik EV tak perlu ragu lagi membawa kendaraan listriknya ke kampung halaman karena PLN menyiagakan seluruh SPKLU di sepanjang rest area Tol Trans Jawa," kata Darmawan dalam konferensi pers di Jakarta, Ahad (1/5/2022).

Lebih lanjut, jelas Darmawan, PLN juga menyediakan 147 posko mudik yang ada di seluruh unit wilayah PLN. Khusus di Jawa-Madura-Bali, terdapat 44 posko. Sedangkan di Sumatera-Kalimantan ada 96 posko dan di wilayah Sumalpana ada 7 posko.

"Kalau pemudik butuh tempat istirahat silahkan menepi di posko kami. Kami sediakan tempat istirahat bagi pemudik," ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di AppStore atau PlayStore untuk memudahkan pencarian SPKLU. Aplikasi tersebut juga telah terintegrasi dengan Virtual Command Centre (VCC) yang bisa lebih cepat merespons keluhan masyarakat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA