Ahad 01 May 2022 14:42 WIB

Kemenhub Perpanjang Pendaftaran Polbit STIP Jakarta

Penerimaan Sipencatar di STIP Jakarta dengan jalur Polbit membuka tiga program studi.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta memperoanjang waktu pendaftaran Sipencatar jalur Pola Pembibitan (Polbit) yang awalnya ditutup pada 30 April 2022 Pukul 23.59 WIB akan diperpanjang hingga tanggal 5 Mei 2022 pukul 23.59 WIB.
Foto: Istimewa
Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta memperoanjang waktu pendaftaran Sipencatar jalur Pola Pembibitan (Polbit) yang awalnya ditutup pada 30 April 2022 Pukul 23.59 WIB akan diperpanjang hingga tanggal 5 Mei 2022 pukul 23.59 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperpanjang pendaftaran Sipencatar jalur Pola Pembibitan (Polbit) STIP Jakarta yang semula berakhir 30 April 2022 menjadi 5 Mei 2022 pukul 23.59 WIB untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat yang berminat sekolah kedinasan tersebut."Seluruh proses pendaftaran yang dilakukan setelah tanggal 5 Mei 2022 Pukul 23.59 WIB dianggap tidak sah," kata Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, Capt Antoni Arif Priadi dalam keterangan di Jakarta, Ahad (1/5/2022).

Pihaknya telah mengeluarkan surat dengan nomor: PG. 03/BSDPMP-2022 tentang Perpanjangan Masa Pendaftaran Sipencatar Jalur Polbit pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Tahun Akademik 2022 / 2023.Surat ini merujuk pada pengumuman Kementerian Perhubungan PG 12 Tahun 2022 tentang Penerimaan Calon Taruna dan Taruni Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan tahun Akademik 2022/2023.

Baca Juga

"Selain itu Perpanjangan ini Menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi nomor : B/897/M.SM.01.00/2022 tanggal 28 April 2022 prihal Tanggapan terhadap Usulan Perpanjangan Masa Pendaftaran Penerimaan Calon Taruna/Taruni Kementerian Perhubungan di SDCADN BKN tahun 2022," kata Antoni yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Sipencatar.

Sedangkan terkait Penerimaan Sipencatar di STIP Jakarta dengan jalur Polbit membuka tiga program studi yaitu, D - IV Nautika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika (yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut). 

Lalu ada D-IV Teknika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga (yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut), SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri dan Teknik Industri.

Program studi ketiga adalah D-IV adalah Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK), dengan persyaratan SMA/MA (IPA dan IPS) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan KPN, SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Managemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi dan Logistik.Kelebihan dari jalur Polbit ini, atau yang biasa dikenal dengan program ikatan dinas. 

Dimana jika para Taruna dan Taruni lulus dari STIP Jakarta nantinya dipersiapkan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenhub, khususnya transportasi laut di bawah Dirjen Hubungan Laut (Hubla).Tata cara mendaftar: melalui website https://dikdin.bkn.go.id dan melihat tata cara pendaftaran melalui website https://sipencatar.dephub.go.id.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement