Ahad 01 May 2022 14:01 WIB

Total Transaksi e-Peken di Surabaya Mencapai Rp 14,491 Miliar

Aplikasi e-Peken sebelumnya hanya dibukan untuk PNS Pemkot, kini bisa diakses umum.

Aplikasi belanja. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Aplikasi belanja. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Total transaksi belanja di situs belanja daring milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya atau dikenal e-Peken selama Juli 2021 hingga April 2022 mencapai Rp 14,491 miliar. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, setelah e-Peken dibuka untuk umum per 1 April 2022, banyak warga Surabaya membeli kebutuhan pokok melalui situs itu.

"Sebelumnya status e-Peken hanya bisa diakses oleh ASN Pemkot Surabaya. Seiring banyaknya permintaan masyarakat, sehingga kami buat menjadi go-public dan siapa saja bisa mengakses untuk berbelanja produk-produk UMKM dan toko kelontong Surabaya," kata dia di Surabaya, Ahad (1/5/2022).

Baca Juga

Menurut dia, dibukanya e-Peken untuk umum itu upaya dari pemkot untuk meningkatkan perekonomian dan ekonomi kerakyatan di Kota Pahlawan. Per 1 April 2022 total ada 1.737 merchant atau pedagang resmi yang terdaftar di situs e-Peken. Diantaranya ada 820 toko kelontong, 751 UMKM, 165 Sentra Wisata Kuliner (SWK), dan 1 perusahaan daerah rumah daging.

Sedangkan total transaksi selama Juli 2021-April 2022 mencapai Rp 14,491 miliar. Diskominfo Surabaya berencannamerilis aplikasi e-Peken berbasis Android dan iOS. "Untuk sementara ini, masih berbasis laman website atau web mobile. Semoga dengan hadirnya web mobile e-Peken ini bisa memberikan manfaat dan memudah masyarakat Kota Surabaya berbelanja mudah dengan kualitas yang tak kalah dengan toko modern pada umumnya," ujar Fikser.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan proses pembayarannya karena setelah membeli barang yang diinginkan, pembeli bisa bertransaksi melalui QRIS. Setelah itu, pembeli bisa mengambil barang yang dibeli di toko langsung atau menggunakan jasa antar.

"Jadi ada berbagai macam produk UMKM seperti kerajinan, fesyen, dan di toko kelontong ada berbagai jenis bahan kebutuhan pokok dan SWK menyediakan makanan minuman siap saji hingga daging dengan kualitas pilihan dari Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya," kata dia.

Fikser menambahkan cara mengaksesnya e-Peken dengan mengakses peken.surabaya.go.id. Kemudian konsumen diarahkan mengisi alamat email, setelah disetujui calon pembeli bebas memilih produk yang diinginkan. "E-Peken ini pemkot tidak ada ambil untung, jadi situs web ini sebagai regulator untuk memfasilitasi pelaku toko kelontong, UMKM, dan konsumen, sehingga tidak ada dana yang dikelola e-Peken," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement