Wapres Cek Kesiapan Kebun Binatang Ragunan untuk Libur Lebaran

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 01 May 2022 14:50 WIB

Wapres Cek Kesiapan Kebun Binatang Ragunan untuk Libur Lebaran Foto: Dok Republika Wapres Cek Kesiapan Kebun Binatang Ragunan untuk Libur Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengecek kesiapan Taman Margasatwa Ragunan dalam menghadapi lonjakan pengunjung pada libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah pada Ahad (1/5/2022). Wapres ingin memastikan, tempat wisata tetap aman dari Covid-19.

"Penerapan prokes ketat harus terus dilakukan kepada para pengunjung terlebih di masa libur lebaran," ujar Wapres dalam siaran pers yang diterima Ahad (1/5).

Baca Juga

Hal itu juga disampaikan Wapres kepada Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati. Wapres memberikan arahan agar pengelola Ragunan terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat kepada pengunjung untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus Covid-19.

Seiring dengan datangnya libur Idulfitri 1443 H di tengah kondisi pandemi yang semakin membaik, jumlah pengunjung tempat-tempat wisata termasuk Taman Margasatwa Ragunan Jakarta diperkirakan akan meningkat tajam.

Untuk itu, sembari berolahraga, Wapres mengecek kesiapan Taman Margasatwa Ragunan dalam menghadapi lonjakan pengunjung khususnya agar tetap aman dari Covid-19.

Dalam mengecek kesiapan tempat wisata tersebut Wapres dengan ditemani KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan kemudian berjalan menyusuri jalan-jalan di area salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia ini.

Dimulai dengan pemanasan di area Burung Pelikan, Wapres dengan ditemani KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan kemudian berjalan menyusuri jalan-jalan di area salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia ini.

Menanggapi arahan tersebut, KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati melaporkan, untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus Covid-19, sejauh ini pengelola telah melakukan berbagai upaya pencegahan, di antaranya pengunjung harus mendaftar online H-1 dan sudah divaksin Covid-19.

"Pengunjung dewasa harus sudah divaksin minimal dua kali sedangkan pengunjung anak minimal sekali. Selain itu, pengunjung harus juga menggunakan aplikasi Peduli Lindungi," katanya.

Lebih lanjut, Endah menuturkan bahwa pada area piknik telah dibuat lingkaran-lingkaran untuk menjaga jarak antarkeluarga pengunjung.

"Di sini kami sudah siapkan lingkaran-lingkaran. Jadi pengunjung dan keluarganya hanya boleh duduk di lingkaran tersebut," ujarnya.

Selain itu, tutur Endah, pengelola juga telah menyebar berbagai spanduk dan poster penerapan prokes seperti imbauan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan etika batuk di tempat umum.

"Terkait spanduk imbauan prokes kami sebar baik di pintu masuk maupun titik-titik di sekitar kandang," ujarnya.

Lebih dari itu, kata Endah, pengelola juga menyediakan keset desinfektan di pintu-pintu masuk dan tempat mencuci tangan di pinggir jalan.

"Alhamdulillaah sejak kemarin buka, prokes di Ragunan ketat sekali. Ada juga ini mungkin di tempat lain tidak ada yakni keset desinfektan. Jadi baik kendaraan yang masuk maupun pengunjung wajib melewati keset desinfektan tersebut," ungkapnya.

Tidak hanya mengecek penerapan prokes, pada kesempatan ini Wapres juga tampak mengecek beberapa kandang satwa seperti Gajah, Jerapah, Burung Unta, dan Gorila. Wapres terlihat menanyakan tentang kondisi, asal, dan berapa kali para satwa tersebut diberi makan.