Menikmati mudik Lebaran di jalur wisata Kabupaten Garut

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Senin 02 May 2022 12:18 WIB

Pertunjukan adu domba di halaman peternakan domba garut di Desa Wisata Saung Ciburial, Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Pemudik bisa menikmati objek wisata dan kuliner di sepanjang lintas Kabupaten Garut Foto: Edi Yusuf/Republika Pertunjukan adu domba di halaman peternakan domba garut di Desa Wisata Saung Ciburial, Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Pemudik bisa menikmati objek wisata dan kuliner di sepanjang lintas Kabupaten Garut

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sudah dua tahun pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik bagi masyarakat karena adanya pandemi COVID-19 yang membatasi mobilisasi massal dan interaksi orang untuk menghindari penularan wabah.Namun akhirnya pemerintah tahun 2022 ini mengizinkan seluruh elemen masyarakat untuk mudik di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, melepas rindu berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Izin mudik itu tentunya disambut antusias oleh semua lapisan masyarakat yang berbondong-bondong pergi mudik agar bisa berlebaran dengan sanak saudara dalam momentum bahagia Hari Raya Lebaran.

Libur mudik saat Hari Raya Lebaran tentunya tidak akan lengkap jika tidak mengisinya dengan berwisata bersama keluarga maupun orang terdekat untuk menambah kebahagiaan sehingga Lebaran tahun ini semakin berkesan.

Terutama bagi pemudik yang tujuannya ke Kabupaten Garut, Jawa Barat maupun hanya sekadar melintasi daerah yang memiliki banyak julukan yaitu kota dodol, kota intan, kota domba, maupun julukan oleh orang Eropa yaitu Swiss van Java.

Bagi yang mudik ke Garut tidak ada salahnya untuk menikmati berbagai objek wisata mulai dari wisata alam pegunungan, danau, laut dengan pantainya yang membentang dari perbatasan Kabupaten Cianjur sampai Kabupaten Tasikmalaya.

Selain itu, wisata unggulannya yaitu pemandian air panas Cipanas Garut yang lokasinya tidak jauh dari perkotaan Garut, begitu juga wisatawan bisa menikmati wisata kuliner Garut yang mudah ditemui di setiap sudut kota.

Prediksi akan adanya lonjakan kunjungan wisata saat mudik Lebaran 2022, Pemerintah Kabupaten Garut melakukan pembenahan objek wisata, begitu juga sumber daya manusianya agar wisata di daerah ini bisa memberikan kesan menarik.

Bahkan ada juga tempat wisata di Garut yang memiliki perhatian revitaslisasi dari pemerintah pusat dan provinsi, yakni objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi dengan anggaran revitalisasi senilai Rp 100 miliar, dan Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk dengan dana revitalisasi sebesar Rp 14 miliar.

Objek wisata tersebut tentunya sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk menyuguhkan tempat wisata yang nyaman dan berkesan bagi pengunjung, khususnya saat momentum libur Lebaran tahun ini. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut mencatat sejumlah objek wisata yang berada di sepanjang jalur mudik di Kabupaten Garut, yaitu mulai dari jalur Kadungora-Leles-Tarogong terdapat wisata Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora, lokasi wisata itu cukup terjangkau dengan akses jalan yang mudah dari jalan raya Bandung-Garut.

Selain Taman Satwa Cikembulan, pemudik juga bisa menikmati objek wisata lainnya di jalur tersebut yaitu wisata danau Situ Cangkuang dan wisata budaya Candi Cangkuang di Kecamatan Leles yang jaraknya sama tidak jauh dari jalan raya.

Wilayah itu juga terdapat beberapa destinasi wisata desa, ada juga wisata kulineryang khas, yaitu makanan kue Burayot yang berjejer di pinggir jalan dengan pembuatannya secara dadakan sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Selanjutnya, wisata yang menjadi primadona setiap wisatawan yaitu kawasan Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler yang menyuguhkan wisata pemandian air panas alami dari Gunung Guntur, dan juga terdapat banyak hotel mulai dari kelas melati sampai berbintang dengan beragam fasilitas dan keunikannya.

Selain jalur mudik di wilayah Kadungora-Leles-Tarogong, ada juga jalur nasional lintas Limbangan-Malangbong atau wilayah utara Garut yang tidak kalah menarik memiliki objek wisata dengan ciri khas tersendiri. Objek wisata yang dapat dikunjungi di jalur utara Garut di antaranya kampung bambu di Kecamatan Selaawi, lalu ada juga Desa Wisata Cibiuk, Antapura De Jati, lalu ada juga Situ Bagendit yang baru direvitalisasi, dan sejumlah desa wisata lainnya yang menawarkan berbagai tema.

Selain jalur utama itu, Garut juga memiliki objek wisata lainnya yang akan menjadi daya tarik wisatawan saat musim libur Hari Raya Lebaran yaitu wisata pantai di sepanjang garis pantai perbatasan Kabupaten Cianjur sampai Kabupaten Tasikmalaya. Wisata pantai di Garut itu berada di sepanjang jalur lintas selatan Jabar dengan kondisi jalan yang bagus dan pemandangannya membentang ke laut Samudera Hindia.

Pemudik yang memanfaatkan jalur selatan Jabar dapat mengunjungi objek wisata Pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin, Puncak Guha, Cicalobak, Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, dan Pantai Cijeruk. Selain itu, di jalur selatan Jabar juga telah dibangun tempat menarik yakni miniatur Babancong sebagai ciri khas Kabupaten Garut yang berada di jalan utama perbatasan Garut dengan Kabupaten Cianjur.