Ahad 01 May 2022 08:07 WIB

Askar Kauny Helat Lomba Hafalan Surat Ar-Rahman Seri Ramadhan 2022 di Masjid At-Tin

Lomba Hafalan Surat Ar-Rahman itu dalam rangka menyambut Lailatul Qadar.

Askar Kauny menghelat Festival Ramadhan: Lomba Hafalan Surat Ar-Rahman, di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (28/4).
Foto: Dok Askar Kauny
Askar Kauny menghelat Festival Ramadhan: Lomba Hafalan Surat Ar-Rahman, di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Askar Kauny menghelat 'Festival Ramadhan: Lomba Hafalan Surat Ar-Rahman' dalam rangkaian gerakan Indonesia Menghafal Alquran menyambut Lailatul Qadar, Kamis (28/4) di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur.

Animo masyarakat terhadap Lomba Hafalan Surat Ar-Rahman yang bertepatan dengan malam 27 Ramadhan ini terbilang cukup besar.  

Ranus Saputra selaku ketua Penyelenggara Festival Ramadhan Askar Kauny mengatakan sejak dipublikasi, perlombaan ini telah mendapat perhatian. Acara dibuka pada 22 April, Askar Kauny membuka booth edukasi ziswaf dan menghafal Alquran secara mudah melalui Metode Kauny tepat di muka depan Masjid At-Tin. 

“Kita membawa para santri dan Ustadzah Aryati, mengajak jamaah halaqah dengan metode yang menyenangkan,” ujar Ranus dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Ranus mengatakan selama tujuh  hari melakukan aktivitas di Masjid At-Tin, terhitung rata-rata 30 jamaah mengikuti halaqah bersama setiap harinya. Halaqah ini bertujuan untuk mengajak jamaah untuk ikutan lomba menghafal Ar-Rahman di malam 27 Ramadhan. 

“Kami full 24 jam di sini, menemani para jamaah iktikaf di masjid At-Tin. Rangkaian event Festival Ramadan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Askar Kauny dalam menemani langkah juang para penghafal Alquran,” tambah Ranus.

Menurut Ranus, pada puncak acara jumlah peserta yang melakukan registrasi mengikuti lomba  sebanyak 72 orang. “Antusiasme  peserta sudah terlihat sejak pukul 08.00 WIB  di Masjid At-Tin. Peserta memadati lantai 2 masjid, bahkan sebelum registrasi ulang dan pengambilan nomer urut dibuka,” katanya 

Ranus menjelaskan, lomba Hafalan Surat Ar-Rahman diawali dengan babak penyisihan bagi peserta kategori anak-anak pada pukul 09.00 WIB  dan diakhiri dengan babak final peserta lomba kategori dewasa pada pukul 23.00 wib. 

Ada empat  orang pemenang untuk masing-masing kategori yang berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan selama satu tahun dari Askar Kauny. “Kita doakan, semoga para pemenang lomba Hafalan Surat Ar-Rahman ini mampu menjadi duta-duta Alquran di manapun berada,”  tutur Ranus.

Sementara itu, Al Ghifari salah satu pemenang Lomba  Hafalan Ar-Rahman kategori dewasa mengatakan lomba ini jadi ajang menguatkan hafalan Surat Ar-Rahman.  “Gak hanya hafal suratnya aja, tapi mampu mentadabburi arti per kata," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement