Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Shalat Idul Fitri di Lapangan Kantin Bukittinggi Kembali Digelar

Ahad 01 May 2022 07:46 WIB

Red: Bayu Hermawan

Shalat Idul Fitri (ilustrasi)

Shalat Idul Fitri (ilustrasi)

Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Shalat Idul Fitri di lapangan kantin Bukittinggi digelar setelah dua tahun terhenti

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, Sumatera Barat memastikan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri berjamaah di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi kembali dilaksanakan, setelah sempat terhenti selama dua tahun terakhir.

"Shalat Idul Fitri di lapangan-lapangan termasuk di Lapangan Kantin Wirabraja kembali bisa digelar, Alhamdulilah," kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi di Bukittinggi, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga

Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat yang memberikan kelonggaran untuk diadakannya kembali aktivitas warga setelah sempat terhenti sejak 2020 lalu karena Covid-19. "Tentunya masyarakat Muslim di Kota Bukittinggi dan sekitarnya boleh ikut hadir Shalat berjamaah di Lapangan Kantin nantinya, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) telah menyiapkan kegiatan itu secara maksimal," ujarnya.

Ia mengatakan, Lapangan Kantin Wirabraja mampu menampung ribuan jamaah dan PHBI juga menyiapkan Masjid Al Hanif Kodim sebagai cadangan. "Insya Allah khatib Idul Fitri nanti adalah Ustaz Jel Fatullah dan imam oleh Ustaz Isrizal Anwar," ucapnya.

Marfendi mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk bagian dari usaha menjaga kesehatan. Sebelumnya, dua tahun berturut 2020 dan 2021 Pemerintah melalui Gubernur Sumbar Mahyeldi menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 08/Ed/GSB-2021 tertanggal 8 Mei 2021 mengatur penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1442 H/2021.

Dalam SE disebutkan diminta melakukan Shalat Idul Fitri hanya di rumah masing-masing. Sebelum wabah pandemi, kegiatan shalat Idul Fitri berjamaah di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi sebelumnya merupakan agenda rutin setiap tahun dilakukan Pemkot Bukittinggi. Terakhir, kegiatan ini diselenggarakan pada 2019 yang diikuti oleh ribuan jamaah dari berbagai daerah.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA