Ahad 01 May 2022 07:57 WIB

Ini Statistik Usai Kualifikasi MotoGP Spanyol

Sang pebalap Ducati akan mengincar kemenangan pertamanya sejak Valencia tahun lalu.

 Pembalap Turki Toprak Razgatlioglu (depan), dari PATA Yamaha With BRIXX WorldSBK team, dan British Jonathan Rea, dari Kawasaki Racing Team WorldSBK, mengambil tikungan di balapan WorldSBK 1 Motul Spanish Round di sirkuit Circuito de Jerez-Angel Nieto di Jerez de la Frontera, Spanyol selatan, Ahad (26/9/2021).
Foto: EPA-EFE/ROMAN RIOS
Pembalap Turki Toprak Razgatlioglu (depan), dari PATA Yamaha With BRIXX WorldSBK team, dan British Jonathan Rea, dari Kawasaki Racing Team WorldSBK, mengambil tikungan di balapan WorldSBK 1 Motul Spanish Round di sirkuit Circuito de Jerez-Angel Nieto di Jerez de la Frontera, Spanyol selatan, Ahad (26/9/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ — Francesco Bagnaia, setelah memecahkan rekor lap Sirkuit Jerez pada Sabtu (30/4) waktu setempat, mengklaim pole position untuk ketujuh kalinya di MotoGP dan untuk pertama kalinya sejak Algarve tahun lalu.

Sang pebalap Ducati akan mengincar kemenangan pertamanya sejak Valencia tahun lalu. Ini merupakan pole position ketiga bagi Ducati di Jerez di kelas MotoGP. Dua pole sebelumnya dipersembahkan Loris Capirossi pada 2003 dan 2006.

Setelah gagal meraih pole untuk pertama kalinya di Jerez sejak naik ke MotoGP pada 2019, Fabio Quartararo finis P2 di kualifikasi untuk mengamankan posisi baris terdepan kedua kalinya musim ini, termasuk yang ia raih di Indonesia, ketika ia berada di pole.

Sang pebalap Yamaha akan mengincar kemenangan beruntun pertamanya sejak Doha dan Portugal tahun lalu.

Ini merupakan kali ke-38 bagi Quartararo start dari baris terdepan di MotoGP. Dari 37 start "front row" sebelumnya, ia finis podium sebanyak 20 kali (termasuk tujuh dari sembilan kemenangannya di kelas premier sejauh ini).

Aleix Espargaro di P3 akan untuk ketiga kalinya start dari baris terdepan musim ini, termasuk di Argentina (ketika ia berada di pole) dan Portugal (ketika ia di P3).

Di kedua balapan itu, Espargaro finis dengan podium. Dia akan berupaya memberikan finis podium beruntun pertama kalinya bagi Aprilia pada Minggu nanti.

Pemenang tahun lalu di Jerez, Jack Miller akan mengawali serangan dari P4, yang untuk ketiga kalinya secara beruntun ia start dari dua baris terdepan.

Sang pebalap Ducati akan mengincar kemenangan pertamanya sejak di Prancis tahun lalu.

Marc Marquez merampungkan kualifikasi di P5 sebagai pebalap Honda terdepan. Ia akan mengincar naik podium untuk pertama kalinya sejak memenangi GP Emilia-Romagna tahun lalu.

Merebut pole terakhir kali di Portugal pekan lalu, Johann Zarco bertarung di Q1 untuk kedua kalinya musim ini bersama Qatar.

Dia start P6 untuk kedua kalinya secara beruntun di Jerez dan akan mengincar kemenangan pertamanya di MotoGP.

Takaaki Nakagami, yang finis P4 di dua balapan Jerez tahun lalu, akan mengawali perjuangannya meraih podium untuk pertama kali di MotoGP dari P7.

Setelah menyintas Q1, rookie Marco Bezzecchi finis P8 di Q2 yang menjadi hasil terbaik keduanya di kualifikasi MotoGP setelah pekan lalu di Portugal ia berada di P6. Hasil balapan terbaiknya sejauh ini adalah P9 di Argentina.

Joan Mir, yang mengalami kecelakaan pada akhir Q2, akan start dari P9 sebagai pebalap Suzuki terdepan. Ini kali keempat bagi Mir start dari baris ketiga. Delapan dari 13 podium yang ia raih sejauh ini dibuat setelah ia start dari baris ketiga atau lebih rendah.

Memiliki koleksi poin sama dengan Quartararo di klasemen, Alex Rins akan berupaya merangsek ke depan dari P14, hasil terburuk keduanya di kualifikasi musim ini setelah ia start P23 di Portugal pekan lalu, meski dengan sensasional menyelesaikan balapan di P4.

Hasil terbaik Rins di Jerez adalah P2 pada 2019, demikian catatan resmi MotoGP.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement