Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Terjadi Lonjakan Kendaraan Mudik di Jalur Lintas Sumatra Bagian Barat

Ahad 01 May 2022 04:47 WIB

Red: Friska Yolandha

Pemudik bersepeda motor melintas di Jalan Raya Padang- Jambi, Panorama II, Padang, Sumatera Barat, Jumat (29/4/2022). Pemudik melalui jalur darat mulai berdatangan ke provinsi itu pada H-3 Lebaran dan arus mudik terpantau lancar.

Pemudik bersepeda motor melintas di Jalan Raya Padang- Jambi, Panorama II, Padang, Sumatera Barat, Jumat (29/4/2022). Pemudik melalui jalur darat mulai berdatangan ke provinsi itu pada H-3 Lebaran dan arus mudik terpantau lancar.

Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Kendaraan yang melintas didominasi oleh pelat nomor dari Pulau Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Di jalur lintas Sumatera bagian barat, tepatnya di Kabupaten Batanghari terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap kendaraan pemudik dari arah Provinsi Sumatra Selatan menuju Provinsi Sumatra Barat.

"Peningkatan kendaraan pemudik sudah terjadi dari hari Jumat, namun pada hari ini terjadi peningkatan yang signifikan dari arah Sumatera Selatan menuju Sumatera Barat," kata Kepala Pos Pelayanan Mudik Simpang BBC Polres Batanghari Erwin Simatupang di Batanghari, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga

Erwin menjelaskan, seri nomor kendaraan bermotor yang melintas didominasi oleh nomor kendaraan bermotor dari Pulau Jawa, seperti seri B dari Jakarta, seri D dari Kota Bandung, seri F dari Kota Bogor dan seri-seri lainnya dari Pulau Jawa. Tidak sedikit pemudik yang berhenti di pos pelayanan mudik simpang BBC untuk beristirahat dan menanyakan arah perjalanan yang selanjutnya harus di tempuh untuk sampai ke kampung halaman.

Menurut Erwin, terjadi lonjakan yang signifikan terhadap arus mudik pada tahun 2022 ini. Hal tersebut terpantau dari jumlah kendaraan yang melintasi Posyan Mudik Simpang BBC Batanghari yang dalam satu menit terdapat sekitar 150 kendaraan yang melintas baik dari arah Sumatera Selatan menuju Sumatera Barat dan sebaliknya.

"Lonjakan kendaraan pemudik terjadi karena dua tahun sebelumnya mudik dilarang pemerintah dan pada tahun ini mudik sudah diperbolehkan," kata Erwin Simatupang.

Terdapat beberapa titik rawan macet di lintasan yang di lalui pemudik di Kabupaten Batanghari, salah satunya di Simpang Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, satgas Posko Mudik Simpang BBC Muara Bulian melakukan pengaturan di titik rawan macet. Dengan demikian di harapkan tidak terjadi kemacetan dan kejadian kecelakaan lalu lintas.

Erwin menghimbau agar pemudik dapat menjaga kesehatan selama di perjalanan. Apabila lelah segera berhenti untuk istirahat agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA