Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

PLN Operasikan 126 SPKLU Tersebar di 48 Kota

Sabtu 30 Apr 2022 22:18 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ilham Tirta

Pengendara mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Ilustrasi.

Pengendara mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Ilustrasi.

Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
PLN memastikan infrastruktur untuk kendaraan listrik berjalan optimal melayani mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun ini, PT PLN (Persero) siap melayani para pemudik, terutama yang memakai kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Kini para pemilik EV tak perlu ragu lagi memacu kendaraan listriknya untuk pulang ke kampung halaman, karena PLN menyiagakan seluruh stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang ada di rest area sepanjang  Tol Trans Jawa.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Diah Ayu Permatasari,  mengatakan, tak hanya menyiapkan pasokan listrik yang andal bagi masyarakat di rumah, PLN juga memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan untuk kendaraan listrik berjalan optimal dalam memfasilitasi masyarakat yang akan mudik pada tahun ini. 

Baca Juga

 

"Saat ini, PLN sudah mengoperasikan SPKLU di 8 rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Dari mulai Cikampek hingga Kertosono, Madiun," ujar Diah, Sabtu (30/4/2022).

Delapan titik tersebut berada di Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo), Rest Area KM 389 B (Batang - Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang - Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci), dan Rest Area KM 6 (Jakarta -Cikampek).

Tak hanya di rest area, kata Diah, para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di PLN. Perusahaan negara itu saat ini sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

"Jika para pemudik juga hendak jalan jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik EV bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN," ujar Diah.

Diah menjelaskan, pada tahun ini, pemerintah menargetkan 580 SPKLU yang beroperasi. Saat ini, PLN aktif menggenjot pembangunan SPKLU ini. Harapannya, pada momen lebaran berikutnya makin meningkatkan gairah para pemilik EV untuk mudik ke kampung halaman dengan meningkatnya fasilitas EV di ruang publik.

Bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik dapat menggunakan fitur electric vehicle di PLN Mobile, untuk mengetahui lokasi 126 SPKLU yang tersebar di 48 kota di Indonesia.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA