Sabtu 30 Apr 2022 22:04 WIB

Kabar Duka, Super Agen Mino Raiola Dipastikan Tutup Usia

keluarga mengungkapkan rasa duka cita mendalam atas meninggalnya Mino Raiola

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Agen pemain sepak bola Mino Raiola.
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Agen pemain sepak bola Mino Raiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Super agen sepak bola paling terkemuka di Eropa, Mino Raiola, dipastikan telah tutup usia. Agen pesepakbola kelahiran Naples, Italia, meninggal dunia dalam usia 54 tahun lantaran sakit.

Dalam sebuah unggahan di akun resmi milik Raiola, keluarga mengungkapkan rasa duka cita mendalam atas meninggalnya salah satu agen pesepakbola yang dianggap paling berpengaruh di industri sepak bola Eropa tersebut.

''Dengan kedukaan yang sangat dalam, kami mengumumkan kabar kepergian salah satu agen pesepakbola paling perhatian yang pernah ada,'' tulis pernyatan resmi keluarga besar Raiola di akun twitter resmi milik Mino Raiola seperti dilansir The Athletic, Sabtu (3/4).

Sebelumnya, kabar meninggalnya Raiola ini sempat tersebar luas di dunia maya pada Kamis (28/4) malam WIB, yang berawal dari unggahan jurnalis sepak bola asal Italia, Tancredi Palmieri.

Namun, tidak lama berselang, kabar tersebut langsung dibantah perwakilan Raiola via akun twitter resmi miliknya. Agen pemain yang hijrah dari Italia dan menetap di Belanda itu memang sempat dikabarkan jatuh sakit dan masalah kesehatan sejak awal tahun ini.

Bahkan, Raiola harus tinggal sementara di Milan, Italia, guna mendapatkan perawatan lanjutan atas kondisi kesehatannya tersebut. ''Mino telah berjuang hingga akhir dengan kekuatan yang sama saat dia bernegosiasi untuk mempertahankan para pemain.”

“Seperti biasa, Mino telah membuat kami bangga dan terkadang dia tidak menyadarinya. Mino telah membuat sepak bola menjadi dunia yang lebih baik buat para pemain,'' lanjut pernyataan keluarga Raiola tersebut.

Raiola diketahui menangani sejumlah pesepakbola papan atas, mulai dari Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Mario Balotelli, Matthjis de Ligt, Gianluigi Donnarumma, hingga Erling Haaland.

Terlepas dari berbagai kontroversi, terutama soal hubungan buruknya dengan sejumlah klub besar Eropa dan pelatih papan atas, Raiola dikenal begitu dekat dengan pemain yang ditanganinya dan tidak segan membela klien-kliennya tersebut.

Tidak hanya itu, Raiola juga dianggap mengubah lanskap transfer pemain di Eropa. Dengan berbagai langkah dan strategi dalam bernegosiasi, Raiola memiliki sumbangsih besar dalam mengubah peran middleman atau pihak perantara antara pesepakbola profesional dengan sebuah klub.

Kini, agen pemain kini bisa terlibat aktif dalam negosiasi kepindahan pemain ke sebuah klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement