Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Mau Shalat Idul Fitri di Istiqlal? Perhatikan Lima Hal Ini 

Ahad 01 May 2022 02:33 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Friska Yolandha

Jamaah melaksanakan ibadah Shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/4/2022). Masjid Istiqlal akan kembali menyelenggarakan shalat Idul Fitri tingkat kenegaraan pada 1 Syawal 1443 Hijriah.

Jamaah melaksanakan ibadah Shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/4/2022). Masjid Istiqlal akan kembali menyelenggarakan shalat Idul Fitri tingkat kenegaraan pada 1 Syawal 1443 Hijriah.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah wajib menjaga protokol kesehatan dan menjaga barang bawaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah dua tahun Masjid Istiqlal Jakarta tidak menyelenggarakan Shalat Idul Fitri lantaran pandemi Covid-19. Namun, pada 2022 ini Masjid Istiqlal akan kembali menyelenggarakan shalat Idul Fitri tingkat kenegaraan pada 1 Syawal 1443 Hijriah. 

Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid terbesar se Asia Tenggara ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya, harus dalam keadaan sehat, memakai masker, membawa alas dan alat shalat pribadi, datang lebih awal, membawa plastik untuk tempat sendal, dan menjaga barang bawaan dengan baik.

Baca Juga

Berikut lima hal yang perlu diperhatikan jamaah shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan dan Ketua Panitia Amaliah Ramadhan 1443 Hijriah, KH Bukhori Sail Attahiri. 

1. Menjaga Protokol Kesehatan

Hal pertama yang perlu diperhatikan para jamaah adalah menjaga protokol kesehatan. Menurut Kiai Bukhori, Shalat Idulfitri di Masjid Istiqlal telah disiapkan protokol kesehatan, semuanya diharuskan memakai masker, mengecek suhu, dan memastikan diri dalam keadaan sehat.

2. Membawa Alas Shalat Pribadi

Kiai Bukhari juga mengimbau kepada jamaah agar tetap membawa alas shalat atau sajadah pribadi. "Mungkin bisa juga sajadah mini ya, untuk menahan tempat sujud supaya lebih aman, juga guna mengantisipasi jika Lantai Utama Masjid Istiqlal sudah penuh kapasitasnya," ujar Bukhori dalam siaran pers Humas Istiqlal, Sabtu (30/4).

3. Datang Lebih Awal

Masjid Istiqlal akan memulai pelaksanaan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah pada pukul 07.00 WIB. Karena itu, Kiai Bukhori mengingatkan kepada para jamaah untuk datang lebih awal, sehingga bisa mendapatkan shaf shalat.

4. Membawa Plastik untuk Tempat Sandal

Untuk meminimalisir kerumunan di tempat penitipan sepatu dan sandal, Kiai Bukhori juga menyarankan kepada para jamaah agar membawa plastik sebagai alas sandal pribadi.

5. Menjaga Barang Bawaan

Poin kelima yang perlu diperhatikan jamaah shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal terkait dengan barang bawaan. Kiai Bukhori mengimbau kepada para jamaah agar senantiasa menjaga barang bawaannya dengan rapi dan teliti.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA