Sabtu 30 Apr 2022 20:46 WIB

Dinkes Batang Siapkan Tujuh Titik Layanan Kesehatan Pemudik

Vaksin bagi pemudik disiapkan disesuai dengan kebutuhan dan persediaan.

Petugas mendirikan posko kesehatan pemudik (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Petugas mendirikan posko kesehatan pemudik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyiapkan tujuh titik pos layanan kesehatan dan pos pengaman bagi para pemudik yang melewati jalur pantura dan Tol Batang-Semarang. Kepala Dinas Kesehatan Batang, Didiet Wisnuhardanto mengatakan, tiga pos pelayanan kesehatan itu berada di Pos Pelayanan Terpadu Alun-Alun Batang, rest area KM 379 A dan KM 360 B, pintu keluar Tol Kandeman, Kalibeluk, Pos Pelayanan Terpadu Dinas Perhubungan, serta Pos Pengamanan Luwes.

"Pemudik yang akan berhenti di pos pelayanan akan mendapat layanan tes cepat antigen, vaksinasi, kesehatan lainnya," katanya di Batang, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, dinas kesehatan sebagai pelaksana pelayanan kesehatan pemudik telah menyiapkan vaksin sesuai dengan kebutuhan dan persediaan. "Petugas akan mulai melayani pemudik selama 11 hari, yaitu sejak 28 April 2022. Kami juga menyiagakan 150 tenaga kesehatan yang disebar di pos pelayanan dan pos pengamanan," katanya.

Didiet minta bagi pemudik yang sedang menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh agar memiliki stamina yang prima serta menjaga kondisi kesehatan. Selain itu, kata dia, pemudik juga harus mengetahui penyakit yang rawan diderita saat melakukan perjalanan, seperti mual dan sakit kepala.

"Meski dirasa ringan, namun sebagai langkah antisipasi kami mengingatkan kepada pemudik agar selalu memasukkan obat-obatan ke daftar barang-barang yang harus dibawa," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement