Jamaah Laksanakan Sholat Jumat Terakhir Ramadhan di Dua Masjid Suci

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 30 Apr 2022 15:15 WIB

Dalam foto yang dirilis oleh Saudi Press Agency, SPA ini, para jamaah Muslim melakukan sholat Laylat al-Qadr, Malam Ketetapan, pada malam 27 bulan suci Ramadhan, dengan tetap menjaga jarak sosial sebagai bagian dari pencegahan terhadap virus corona di dalam negeri. Masjidil Haram, di kota suci Muslim Mekkah, Arab Saudi, Sabtu, 8 Mei 2021. Jamaah Laksanakan Sholat Jumat Terakhir Ramadhan di Dua Masjid Suci Foto: AP/STR/SPA Dalam foto yang dirilis oleh Saudi Press Agency, SPA ini, para jamaah Muslim melakukan sholat Laylat al-Qadr, Malam Ketetapan, pada malam 27 bulan suci Ramadhan, dengan tetap menjaga jarak sosial sebagai bagian dari pencegahan terhadap virus corona di dalam negeri. Masjidil Haram, di kota suci Muslim Mekkah, Arab Saudi, Sabtu, 8 Mei 2021. Jamaah Laksanakan Sholat Jumat Terakhir Ramadhan di Dua Masjid Suci

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah melaksanakan sholat Jumat terakhir di bulan suci Ramadhan di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Dua masjid suci tersebut dijaga kebersihan, kenyamanan dan keamanannya untuk jamaah.

Dalam kerohanian yang luar biasa dan suasana penuh iman, jamaah melaksanakan sholat di Dua Masjid Suci. Jamaah mengucap syukur kepada Allah SWT atas berkah keamanan, keselamatan, kenyamanan dan stabilitas, dan memohon kepada-Nya untuk mengakhiri pandemi.

Baca Juga

Pertemuan mereka lancar dan teratur berkat pengaturan yang cermat dan sempurna yang dibuat oleh pihak berwenang yang memungkinkan mereka menghabiskan hari itu dalam suasana yang sangat spiritual dan tenteram.

Dilansir di Saudi Gazette, Sabtu (30/4/2022), Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci telah mengintensifkan operasi pembersihan, desinfeksi dan sterilisasi menggunakan desinfektan dan deterjen yang ramah lingkungan. Ini dilakukan 10 kali operasi pencucian di Masjidil Haram per hari sebagai bagian dari tindakan pencegahan.

Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci telah menyiapkan lebih dari 45 tim lapangan yang bekerja sepanjang waktu untuk mensterilkan seluruh sudut Masjidil Haram dan halaman luarnya. Dalam upaya ini juga menyediakan lebih dari 300 perangkat modern berkualitas tinggi untuk mensterilkan tangan dan sekitar 70 perangkat yang mengukur suhu melalui penginderaan jauh.

Sementara itu, sejumlah jamaah memuji pelayanan yang diberikan di Masjidil Haram, menyampaikan apresiasi atas perkembangan pelayanan serta pelaksanaan langkah-langkah kehati-hatian. Mereka juga memuji semua layanan yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi untuk melayani Dua Masjid Suci dan pengunjungnya.