Pelabuhan Indah Kiat Urai Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak

Red: Dwi Murdaningsih

 Sabtu 30 Apr 2022 15:08 WIB

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memantau kesiapan pelabuhan dalam mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran tahun ini. Menhub meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten. Foto: istimewa Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memantau kesiapan pelabuhan dalam mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran tahun ini. Menhub meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten.

Truk-truk bisa diarahkan ke Pelabuhan Indah Kiat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta untuk penambahan pelabuhan dan dermaga di Merak. Penambahan pelabuhan dan dermaga ini bertujuan agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten.

"Untuk truk-truk bisa diarahkan ke Pelabuhan Indah Kiat. Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan,” kata Menhub, Sabtu, (30/4/2022).

Baca Juga

Di Pelabuhan Indah Kiat akan disiapkan tiga kapal Roro besar dengan rute ke Pelabuhan Panjang, Lampung. Menhub mengungkapkan, terjadinya kepadatan kendaran yang akan masuk ke kapal pada 25 April 2022 lalu, disebabkan karena adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih agak lama. 

“Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” jelasnya.

Terpisah, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyatakan, dengan dibukanya Pelabuhan Indah Kiat untuk kendaraan logistik, maka arus mudik bisa dilayani 8 dermaga. Sebagai tambahan dari 7 dermaga  pelabuhan penyebrangan ASDP Merak yang terdiri dari 1 dermaga eksekutif dan 6 dermaga reguler.

Kapolda juga menambahkan, dengan dioperasikannya Pelabuhan Indah Kiat untuk melayani kendaraan logistik, tekanan arus mudik melalui Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak pun akan berkurang. "Kita akan terus melakukan berbagai upaya agar arus mudik lancar," ucap Kapolda.

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata menuturkan, Pelabuhan Indah Kiat merupakan salah satu anak usaha APP Sinar Mas.  Saat ini Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon difungsikan untuk pelabuhan alternatif bagi kendaraan logistik dan pemudik untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak saat arus mudik lebaran 1443 Hijriah.

"Kita mendukung arahan Pemerintah untuk membantu mengurai kemacetan dan kepadatan di Pelabuhan Merak bagi pemudik," ucapnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X