Rekomendasi Tujuh Masjid untuk Sholat Idul Fitri di Jakarta

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 30 Apr 2022 14:52 WIB

Seorang jamaah bersiap untuk shalat di Masjid Ramlie Mustofa, Jakarta. Rekomendasi Tujuh Masjid untuk Sholat Idul Fitri di Jakarta Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Seorang jamaah bersiap untuk shalat di Masjid Ramlie Mustofa, Jakarta. Rekomendasi Tujuh Masjid untuk Sholat Idul Fitri di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudahkah Anda menentukan lokasi untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri? Jika belum, beberapa masjid ini dapat menjadi pilihan terutama bagi Anda yang berada di Ibu Kota Jakarta.

Masjid-masjid ini direkomendasikan karena memiliki daya tampung jamaah yang banyak dan merupakan masjid terbesar di wilayahnya masing-masing. Selain itu, masjid-masjid ini juga memiliki arsitektur yang indah yang dapat menambah kekhidmatan dalam melaksanakan sholat Id.

Baca Juga

Rekomendasi Tujuh Masjid untuk Sholat Idul Fitri di Jakarta

1. Masjid Raya Hasyim Asy'ari

Bagi Anda warga Jakarta Barat bisa datang menunaikan sholat Id di Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari. Alamatnya berada di Jalan Daan Mogot, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng. Masjid ini memiliki daya tampung maksimal lebih dari 12 ribu jamaah.

photo
Umat muslim usai melaksanakan Shalat Jumat berjamaah di Masjid Raya KH. Hasyim Asyari, Jakarta, Jumat (2/6). - (Republika/Prayogi)

 

2. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal telah bersiap menyambut kedatangan jamaah  pada pelaksanaan ibadah sholat Id mendatang. Masjid yang berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat ini akan dibuka penuh untuk jamaah.

photo
Jamaah membaca Al Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/4/2022). Membaca Al Quran (tadarus) dilakukan umat muslim untuk meningkatkan ibadah selama bulan suci Ramadhan. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

 

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Bagi jamaah yang berada di Jakarta Pusat terutama sekitar Menteng, Masjid Agung Sunda Kelapa dapat menjadi pilihan untuk melaksanakan sholat Id. Masjid yang memiliki daya tampung sekitar 4.000 orang ini akan menggelar sholat Id dengan kapasitas 100 persen.

photo
Pengurus masjid membaca Al-Quran di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (19/10). Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta sudah berjalan satu pekan namun aktivitas ibadah dan pengajian di Masjid Agung Sunda Kelapa masih ditutup untuk umum dan hanya dibuka ketika pelaksanaan shalat Jumat dengan imbauan tetap menerapkan protokol kesehatan. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)