Sabtu 30 Apr 2022 14:46 WIB

Gabung Musk dan Bezos, Taipan India Gautam Adani Masuk Klub Orang Tajir Melintir Dunia

Kekayaan Gautam Adani mencapai 133 miliar dolar AS.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Taipan India Gautam Adani masuk dalam kelompok centimiliarder.
Foto: ABC
Taipan India Gautam Adani masuk dalam kelompok centimiliarder.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Klub Centimiliarder yang berisikan orang-orang dengan kekayaan 100 miliar dolar AS kedatangan anggota terbaru asal India yaitu Gautam Adani. Adani merupakan seorang taipan yang bisnisnya mencakup pelabuhan, tambang, dan energi hijau. 

Dilansir Bloomberg, kekayaan Adani mencapai 133 miliar dolar AS, naik hampir 24 miliar dolar AS pada tahun ini. Dengan kekayaan tersebut, Adani resmi menjadi anggota Klub Eksklusif bersama dengan Elon Musk dan juga Jeff Bezos.

Baca Juga

Sebelum Adani, Mukesh Ambani merupakan taipan India yang lebih dulu masuk ke klub tersebut pada Oktober 2021. Namun kini kekayaan Ambani telah turun sedikit di bawahnya menjadi 99 miliar dolar AS.

Adani menghasilkan banyak uang di industri batu bara. Ia telah mengumpulkan hampir semua kekayaannya dalam dua tahun terakhir berkat peralihan ke energi hijau dan hasil investasinya pada proyek infrastruktur.

Adani saat ini juga tengah menjajaki kemitraan potensial dengan perusahaan di Arab Saudi. Dia dikabarkan akan membeli saham perusahaan eksportir minyak terbesar dunia.

Kontribusi Adani terhadap pembangunan bangsa dan ekonomi India juga dianggap penting oleh pemerintah. Hal tersebut pun membuahkan has positif sehingga membuat saham Grup Adani melonjak lebih dari 1000 persen sejak 2020.

Pada tahun lalu, kekayaan bersih Adani melonjak 42,7 miliar dolar AS. Bahkan pada Februari 2022 lalu ia sempat menjadi orang terkaya di Asia melampaui rekan segenaranya, Ambani.

Pada tahun 2017, Jeff Bezos dari Amazon.com adalah yang pertama mencapai kekayaan 100 miliar dolar AS menyusul kekayaan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates pada tahun 1999. Saat ini orang terkaya di dunia ditempati Elon Musk dari Tesla dengan kekayaan 273 miliar dolar AS. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement