Sabtu 30 Apr 2022 14:35 WIB

Antisipasi Lonjakan Harga, Berdikari Distribusikan Daging Sapi Seharga Rp 115 Ribu per Kg

Awal April 2022 Berdikari juga telah mendatangkan sapi bakalan dari negara Australia.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
PT Berdikari (Persero)
Foto: https://berdikari-persero.co.id/
PT Berdikari (Persero)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022, Berdikari dan ID FOOD melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi ketersediaan stok dan melonjaknya harga daging sapi. Kedua perusahaan melakukan mobilisasi sapi bakalan lokal daripeternak-peternak di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat.

Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara mengatakan pada awal April 2022 Berdikari juga telah mendatangkan sapi bakalan dari negara Australia. "Dari mobilisasi tersebut, saatini sapi hidup siap potong ini tersedia sebayak 1.481 ekor dan ini akan terus berdatangan melalui Berdikari, sesuai arahan dari Badan Pangan Nasional mobilisasi hingga 5.000 ekor sapi lokal dan luar," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (30/4/2022). 

Baca Juga

Selain mobilisasi sapi hidup, Berdikari juga telah menerima penugasan khusus 20 ribu MT daging beku dari negara Brasil setiap tahunnya sejak 2020. Menurutnya untuk menjamin ketersedian stok daging sapi menghadapi HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) ini, direncanakan datang lima ribu MT pada akhir Mei dan awal Juni 2022.

Adapun langkah tersebut merupakan lanjutan arahan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga daging menghadapi HBKN 2022, “Jadi masyarakat punya alternatif untuk membelidaging, ada daging sapi segar, daging sapi beku dan dagingkerbau beku," ucapnya.

Sedangkan untuk menjamin akses ketersediaan dan harga yang terjangkau, saat ini Berdikari melalui mitra penjualan di modern market, pasar basah, e-commerce dan jaringan GeraiDaging Berdikari. Terpantau harga stabil dikisaran mulai dari Rp 110 ribu saat dilakukan kunjungan langsung ke sentra daging mitra reseller daging Berdikari perorangan, JaringanLotteMart, Toko Daging Best Meat dan Prima Food di beberapa titik lokasi di Jakarta.

"Untuk memastikan distribusi daging sapi serta olahannya dapat merata dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, Berdikari bekerjasama denganmitra penjualan dan jaringan Gerai Daging Berdikari," ucapnya.

Menurutnya saat ini Berdikari secara rutin telah memasok lebih dari 36 ton per bulan daging sapi bekerja sama dengan mitra penjualan di modern market seperti toko daging Best-meat, Prima fresh mart, dan LotteMart, pasar basah, e-commerce dan jaringan Gerai Daging Berdikari, untuk memasok daging sapi beku asal Brasil dengan kisaran harga jual masyarakat Rp 115 ribu sampai Rp 140 ribu per kg khusus daging sapi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement