Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Forum Zakat Akan Gelar Indonesia Zakat Expo 2022, Juli Mendatang

Sabtu 30 Apr 2022 14:18 WIB

Red: Hiru Muhammad

Forum Zakat melakukan pre-launch gelaran Indonesia Zakat Expo (IZE) 2022 pada agenda puncak Hari Zakat Nasional, Jumat (29/4/2022).

Forum Zakat melakukan pre-launch gelaran Indonesia Zakat Expo (IZE) 2022 pada agenda puncak Hari Zakat Nasional, Jumat (29/4/2022).

Foto: istimewa
Melalui IZE 2022 ini nanti, diharapkan syiar zakat terus menguat dan meluas,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Forum Zakat melakukan pre-launch gelaran Indonesia Zakat Expo (IZE) 2022 pada agenda puncak Hari Zakat Nasional, Jumat (29/4/2022). Direktur Eksekutif Forum Zakat, Agus Budiyanto mengatakan IZE 2022 yang akan digelar pada akhir Juli mendatang ini merupakan event besar yang bertujuan untuk memperluas eksposure portpolio gerakan zakat Indonesia. 

“Melalui IZE 2022 ini nanti, kami berharap syiar zakat terus menguat dan meluas, namun tidak hanya aktivitas penghimpunan tapi kita infomasi pengelolaan zakat oleh opz anggota FOZ,” kata dia.

Baca Juga

Lebih lanjut, Budi memaparkan, akan ada empat agenda utama di IZE 2022, yaitu expo, seminar tematik, kompetisi antar OPZ, hingga konser kemanusiaan. “Di Expo nantinya akan menampilkan portpolio program OPZ anggota FOZ, stand yang menggambarkan gagasan gerakan zakat, bagaimana mendistribusikan, memberdayakan masyarakat dan mengelola dana zakat. Kalau ada produk hasil binaan OPZ boleh juga ditampilkan di showcase dan dijual belikan,” jelasnya.

Untuk seminar tematik akan diagendakan dari side event hingga main event mulai bulan Juni, baik skala daerah/lokal hingga internasional. “Temanya pun beragam, ada tema pemberdayaan perempuan, umkm, pemuda dalam aktivitas kemanusiaan dan filantropi, dan tema lain seperti kepeminpinan dan lainnya,” tuturnya. 

Helatan ini akan mengundang seluruh masyarakat umum sebagai stakeholder utama dalam Gerakan Zakat Indonesia yang bertindak sebagai muzakki dan menitipkan dananya pada OPZ anggota FOZ. “Agar masyarakat ini paham bahwa dana yang mereka salurkan ini dikelola dengan baik menjadi program yang bermanfaat baik dalam bentuk pendistribusian, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan OPZ anggota FOZ,” ungkapnya. 

“Kami juga akan mengundang stakeholder kunci dari unsur pemerintahan, kementrian, lembaga UN, dan NGO internasional di luar filantropi Islam. Tujuannya sama, untuk mengekspose kontribusi OPZ dalam mendukung agenda-agenda Nasional SDGs,” lanjutnya. 

Selain itu, IZE 2022 akan melibatkan 192 OZP anggota FOZ dari sabang sampai marauke. “FOZ sebagai fasilitator yang akan menampilkan portpolio mereka, “ katanya. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA