Sabtu 30 Apr 2022 14:12 WIB

Warga yang Sholat Id di JIS Diimbau Gunakan Transportasi Publik 

Selain bus Transjakarta, Pemprov DKI berkolaborasi dengan tiga transportasi online.

Rep: Mimi Kartika / Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau warga yang ingin sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) menggunakan transportasi publik.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Ilustrasi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau warga yang ingin sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) menggunakan transportasi publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau warga yang ingin sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) menggunakan transportasi publik. Selain bus Transjakarta, Pemprov DKI berkolaborasi dengan tiga transportasi online, yaitu Grab Indonesia, Gojek, dan Blue Bird Group sebagai alternatif transportasi warga menuju JIS. 

"Bagi masyarakat yang akan melaksanakan sholat Id di Jakarta International Stadium, diimbau menggunakan transportasi publik," demikian ditulis akun Instagram resmi Humas Pemprov DKI, @dkijakarta. 

Baca Juga

Dalam unggahannya, Pemprov DKI menginformasikan transportasi publik menuju JIS, antara lain Transjakarta JIS 014 rute Senen-JIS, Transjakarta JIS 003 rute Harmoni-JIS, Non-BRT 10K rute Tanjung Priok-Senen via Taman BMW, dan JAK 77 rute Tanjung Priok-Jembatan Hitam. Sementara itu, jamaah akan mendapatkan potongan harga atau diskon untuk perjalanan ke JIS menggunakan transportasi online yang berkolaborasi dengan Pemprov DKI. 

Pengguna Blue Bird akan mendapatkan diskon Rp 15 ribu dengan menggunakan voucher PERGIIED atau PULANGIED. Periode promo 2 Mei 2022 hanya berlaku di aplikasi MyBlueBird, mulai pukul 04.00 sampai 11.00 WIB. 

Sementara pengguna Gojek akan memperoleh voucher diskon hingga 99 persen, maksimal Rp 15 ribu dengan Gopay dan Rp 10 ribu dengan pembayaran apapun untuk GoRide atau GoCar. Periode promo 1-2 Mei 2022 dengan kode promo LEBARANDIJIS. 

Selain itu, pengguna Grab akan mendapatkan potongan harga 95 persen, maksimal Rp 15 ribu. Promo YUKGRAB HARI RAYA JIS mulai berlaku 1-2 Mei 2022. 

Pemprov DKI menyatakan, pemesanan armada transportasi online menyesuaikan ketersediaan mitra pengemudi di lapangan. Syarat dan ketentuan promo lebih lanjut dapat dilihat melalui aplikasi penyedia layanan masing-masing. 

Pemprov DKI Jakarta mengadakan Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran dan Sholat Id Berjamaah di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali meminta masyarakat menjaga protokol kesehatan (prokes) demi mengekang Covid-19 yang masih ada. 

“Wujud kehadiran JIS ini lebih dari sekadar stadion olahraga. JIS bisa digunakan untuk mendukung kegiatan keagamaan dengan penyelenggaraan sholat Idulfitri,” kata Marullah. 

Dia menambahkan, hal itu juga didukung dengan corak lantai shaf sholat dan telah menghadap kiblat. Tak hanya itu, JIS, kata dia, juga dibangun untuk mendukung kegiatan kebudayaan. 

“Khusus kali ini didukung dengan penyelenggaraan malam takbiran berupa atraksi bedug. Masyarakat bisa saling berinteraksi dalam kegiatan apapun di JIS sebagai ruang ketiga,” ucapnya. 

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan ini sebagai implementasi dari arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghadirkan ruang publik atau ruang ketiga di JIS. Dia menyebut, sholat Id dilaksanakan di JIS atas permintaan warga.  

“Mengingat JIS merupakan green building, masyarakat diimbau untuk berperilaku peduli terhadap lingkungan,” kata dia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement