Sabtu 30 Apr 2022 13:46 WIB

Universitas BSI dan SMK PGRI 37 Jakarta Sukses Gelar Pelatihan Fotografi

Narasumber adalah dosen ilmu komunikasi yang menekuni bidang fotografi, film dan TV

Menghasilkan foto atau mengambil sebuah jepretan, sudah menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan saat ini dalam mengabadikan momen. Dengan kecanggihan teknologi, sebuah foto bagus dapat diambil menggunakan smartphone.
Foto: istimewa
Menghasilkan foto atau mengambil sebuah jepretan, sudah menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan saat ini dalam mengabadikan momen. Dengan kecanggihan teknologi, sebuah foto bagus dapat diambil menggunakan smartphone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menghasilkan foto atau mengambil sebuah jepretan, sudah menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan saat ini dalam mengabadikan momen. Dengan kecanggihan teknologi, sebuah foto bagus dapat diambil menggunakan smartphone. Akan tetapi, kurangnya pengetahuan bidang fotografi, mengakibatkan kurang maksimalnya hasil foto dengan tujuan dari foto yang diambil. Masih banyak yang belum mengetahui teknik dalam pengambilan sebuah foto, khususnya para pelajar sekolah tingkat SMA sederajat.

Untuk itu, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Fatmawati bersama SMK PGRI 37 Jakarta Selatan, melangsungkan workshop fotografi yang digelar di ruang serba guna sekolah, pada Rabu (20/4/2022) lalu.

Baca Juga

Workshop dengan tema ‘Fotografi Basic dengan kamera dan Smartphone” ini, menghadirkan Christoper Yuda Erlangga selaku dosen Ilmu Komunikasi Universitas BSI dan Tegar sebagai pemandu acara. Kegiatan diikuti puluhan siswa/i kelas X dan XI SMK PGRI 37 Jakarta.

Kepala Kampus Universitas BSI kampus Fatmawati, Mahmud Safudin mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama antara Universitas BSI kampus Fatmawati dan SMK PGRI 37 Jakarta Selatan dalam pengembangan dan peningkatan hard skill para siswa/i. “Pelatihan ini diberikan guna menambah wawasan dan teknik-teknik dasar dalam fotografi,” katanya dalam rilis yang diterima, Rabu (27/4/2022).

Ia menyebutkan bahwa, narasumber merupakan dosen ilmu komunikasi yang menekuni bidang fotografi, film dan program televisi serta sudah memiliki sertifikat kompetensi di bidang produser TV dan Fotografi.

Selanjutnya, Christoper dalam pemaparan materinya menjelaskan satu per satu teknik-teknik dasar fotografi. Dimana, terdapat total ada tujuh teknik dasar yang perlu dicermati dan diketahui dalam fotografi.“Teknik-teknik dasar fotografi ada sembilan yaitu selective focus, frezze, slow speed, panning, bulb dan teknik siluet,” terang christoper pada materi yang disampaikan, Rabu (20/4/2022), lalu.

Selain itu, ia juga menjelaskan, komposisi-komposisi dalam fotografi beserta contoh pengaplikasiannya dan memberikan informasi bahwa profesi sebagai seorang fotografer terbagi pada 4 kategori, diantaranya fotografer wedding, product, jurnalistik dan modelling.  “Tidak kalah penting dalam fotografi adalah komposisi yang diterapkan. Komposisi dalam fotografi terbagi menjadi 3 yaitu ROT (Rule Of third), Repetition dan Simetris,” katanya.

Selanjutnya, Hidayatulloh selaku kepala sekolah SMK PGRI 37 Jakarta, menyebut, pelatihan ini sangat positif sekali untuk pengembangan keilmuan para siswa/i SMK PGRI 37 Jakarta. “Hari ini siswa/i kami menerima ilmu pengetahuan di luar jurusannya. Terima kasih pada Universitas BSI yang telah berbagi ilmu sehingga perserta dapat membuka wawasan dan keilmuan baru dan bermanfaat bagi mereka,” tuturnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement