Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

3 Titik Rawan Kemacetan di Lamongan, Berpotensi Hambat Pemudik

Sabtu 30 Apr 2022 12:16 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

3 Titik Rawan Kemacetan di Lamongan, Berpotensi Hambat Pemudik

3 Titik Rawan Kemacetan di Lamongan, Berpotensi Hambat Pemudik

3 Titik Rawan Kemacetan di Lamongan, Berpotensi Hambat Pemudik

Lamongan - Pemudik yang melintasi jalur Utara melalui Kabupaten Lamongan harus lebih bersabar. Setidaknya ada 3 titik yang berpotensi terjadi kemacetan saat puncak arus mudik 2022. Tiga titik tersebut membentang dari Kecamatan Babat dan Kecamatan Deket. Dari data yang dikumpulkan, penyebab kemacetan diakibatkan banyaknya kendaraan yang menumpuk di pusat keramaian hingga ruas jalan yang berbatasan dengan rel KA.

Menurut Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Santoso, lokasi paling berpotensi mengalami gangguan lalu lintas kendaraan yakni di Pasar Babat. Selain karena mobilitas masyarakat yang padat, juga disebabkan aktivitas angkutan umum yang menampung dan menurunkan penumpang.

"Kami menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan membuat lokasi parkir khusus pengunjung pasar dan pembuatan terminal sementara di sekitar Stasiun Babat. Terminal sementara ini untuk menaikturunkan penumpang yang berlaku bagi seluruh angkutan umum. Terminal sementara ini juga untuk mengurangi volume naik turun di jalan poros yang ada di Pasar Babat," kata Aris beberapa waktu lalu.

Selain di Pasar Babat, dua jalur rel KA sebelum memasuki kawasan Kota Lamongan dapat menimbulkan gangguan lalu lintas. Satu perlintasan KA yang kerap terjadi kemacetan yakni di Barat Terminal Lamongan atau sebelum memasuki kawasan kota.

Aristianto menjelaskan, perlintasan rel ganda di dekat Terminal Lamongan juga berpotensi menjadi titik kepadatan. Pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melintas saat hujan. Kondisinya berbahaya saat hujan.

"Laju kendaraan yang pelan ketika melintas dapat menimbulkan kepadatan," beber Aris seraya mengingatkan pemudik agar tidak tergesa-gesa saat melintasi jalur rel KA.

Kondisi serupa juga diprediksi di perlintasan rel ganda KA di Barat Stadion Surajaya di Kecamatan Deket atau keluar kawasan kota Lamongan. Jalur KA di tempat ini bisa menyebabkan kepadatan arus lalu lintas. Pasalnya, kondisi rel yang tidak rata dengan aspal jalan dan cenderung naik membuat banyak kendaraan yang melintas kerap terpeleset.

"Antisipasinya nanti dilakukan penempatan beberapa anggota yang menjaga di lokasi tersebut. Anggota kami ini akan tugas mengurai dengan menggunakan motor," terangnya.

Berdasarkan pantauan, Jumat (29/4/2022) lalu beberapa pemudik sudah melintas di jalan nasional Lamongan-Gresik. Diperkirakan, pemudik memadati jalur Lamongan pada Sabtu (29/4/2022) dengan tujuan Lamongan, Gresik, dan Surabaya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA