Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Perjalanan Mudik

Sabtu 30 Apr 2022 09:00 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Sejumlah pemudik bersepeda motor melintas di Jalan Raya Serang-Jakarta, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (29/4/2022). Pada H-3 Lebaran, jalur Serang-Jakarta mulai dipadati kendaraan pemudik khususnya kendaraan roda dua yang hendak menuju pelabuhan Merak.

Sejumlah pemudik bersepeda motor melintas di Jalan Raya Serang-Jakarta, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (29/4/2022). Pada H-3 Lebaran, jalur Serang-Jakarta mulai dipadati kendaraan pemudik khususnya kendaraan roda dua yang hendak menuju pelabuhan Merak.

Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Agar perjalanan mudik nyaman dan aman ada beberapa hal yang harus disiapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah datang beberapa hari lagi. Bagi sebagian orang yang belum dan hendak berangkat mudik, mempersiapkan hal-hal penting sangat dianjurkan.

Agar perjalanan mudik nyaman dan aman ada beberapa hal yang harus disiapkan. Berikut di antaranya:

1. Perhatikan kondisi tubuh

Agar mudik berjalan nyaman, aman, dan lancar, pemudik harus memastikan bahwa kondisi tubuhnya sehat dan prima. Untuk menjaga kondisi tubuh, calon pemudik perlu meluangkan waktu untuk beristirahat yang cukup.

2. Cek kondisi kendaraan

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah mengecek kondisi kendaraan jika Anda ingin mudik dengan kendaraan pribadi. Pastikan semua dalam keadaan layak jalan.

3. Pahami rute tujuan

Supaya tidak membuang-buang waktu karena tidak melewati rute yang tepat, calon pemudik perlu untuk memahami rute perjalanan mudik yang hendak di tempuh. Pilih rute yang tepat menuju kampung halaman.

4. Cek bahan bakar kendaraan

Mengecek ketersediaan bahan bakar kendaraan juga penting untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai kehabisan bahan bakar sementara stasiun pengisian bahan bakar letaknya jauh dari posisi perjalanan.

Lebih baik penuhi tangki bahan bakar kendaraan saat memulai perjalanan.

5. Periksa saldo e-money

E-money sekarang menjadi salah satu syarat perjalanan yang penting karena dompet elektronik ini dipergunakan sebagai sarana untuk membayar biaya tol atau bisa untuk berbelanja dalam perjalanan.

6. Sediakan makanan ringan

Mudik masih dalam hari bulan Ramadhan memungkinkan pemudik kadang harus melewatkan waktu berbuka atau saur sebelum mendapatkan tempat beristirahat yang dinilai nyaman.

Oleh karena itu, membawa persediaan makan atau takjil serta air minum untuk berbuka puasa sangat membantu.

7. Sediakan obatan-obatan seperlunya

Ada baiknya calon pemudik juga perlu menyediakan obat-obatan pribadi, dan mungkin kotak P3K di mobil untuk berjaga-jaga.

8. Sediakan perlengkapan prokes

Karena masih dalam situasi pandemi, memastikan tersedia masker dan hand sanitizer di mobil sangat penting untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan lainnya.

9. Tetap jalankan prokes

Tetap menjalankan protokol kesehatan selama perjalanan mudik maupun saat di kampung halaman adalah penting guna menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

10. Patuhi peraturan lalu lintas

Berkendaralah dengan aman (safety riding) selama perjalanan mudik dan patuhi peraturan lalu lintas agar perjalanan mudik lancar dan aman.

11. Jangan lupa berdoa

Jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME agar perjalanan mudik senantiasa dalam lindungan-NYA.

Sumber: Mandiri Tunas Finance

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA