Sabtu 30 Apr 2022 06:30 WIB

Setelah Dua Tahun, Jalur Gentong Kembali Ramai Pemudik

Macet ya wajar, soalnya banyak yang pulang kampung juga sekarang.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Sejumlah pemudik beristirahat di SPBU yang berada di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (29/4/2022) malam.
Foto: Republika/Bayu Adji
Sejumlah pemudik beristirahat di SPBU yang berada di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (29/4/2022) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ratusan pemudik dari berbagai daerah beristirahat di sebuah SPBU yang berada di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (29/4/2022) sekitar pukul 20.30 WIB. Di tempat itu, para pemudik sejenak memulihkan tenaganya usai melintasi Lingkar Gentong.

Sebagian ada yang menyantap makanan, ada yang menyenderkan pundaknya di tembok, dan ada juga yang hanya sekadar berbincang dengan teman seperjalannya. Ari (30 tahun) bersama keluarganya adalah beberapa di antara ratusan pemudik yang beristirahat di SPBU itu.

Baca Juga

Mereka yang berangkat dari Bandung ingin mudik ke Purworejo, Jawa Tengah, menggunakan mobil. Di tempat itu, mereka sejenak menenangkan diri usai sekitar 3,5 jam berkendara dari Bandung. "Lumayan macet tadi di jalan," kata dia ditemui, Jumat (29/4/2022).

Ia mengisahkan, dalam perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya, terjadi kemacetan di sejumlah titik di Kabupaten Garut. Titik kemacetan itu adalah Pasar Lewo dan Pasar Malangbong.

Menurut Ari, dalam kondisi normal, perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya dapat ditempuh dalam waktu dua jam. Namun, kali ini ia harus menghabiskan waktu lebih dari tiga jam.

Salah seorang pemudik lainnya, Budi (32), juga mengaku sempat tersendat perjalannya menuju Tasikmalaya di wilayah Kabupaten Garut, tepatnya di Kecamatan Limbangan. Budi yang berangkat bersama istrinya dari Cimahi bahkan harus menempuh waktu sekitar lima jam untuk sampai di wilayah Gentong Tasikmalaya.

"Saya tadi berangkat jam setengah empat, sampai sini jam delapan malam. Macetnya lumayan lama di Limbangan," kata dia.

Budi mengaku sengaja memilih beristirahat di Jalur Gentong. Sebab, wilayah itu sudah berada di tengah perjalanannya yang menuju Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, tempat istirahat di SPBU itu dinilai lumayan lengkap. Di tempat itu terdapat toilet, mushala, warung makan, dan ATM.

"Suasananya juga enak. Adem," ujar Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement