Sabtu 30 Apr 2022 01:26 WIB

Arus Kendaraan Mudik di Jalintim Sumatra Wilayah Muarojambi Lancar

Untuk fasilitas jalannya sudah cukup lumayan bagus dibanding wilayah provinsi lainnya

Pemudik bersepeda motor (ilustrasi)
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Pemudik bersepeda motor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Arus mudik H-3 lebaran pada Lintas timur (Jalintim) Sumatra di wilayah Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi cukup lancar dan aman yang didominasi kendaraan mobil pribadi bernomor polisi luar daerah yang melintas di jalur tersebut. Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja saat memantau arus mudik di perbatasan Jambi - Sumsel, Jumat (29/4/2022) mengatakan, saat ini sudah mulai ramai, sesuai prediksi karena di waktu libur cuti bersama yang dimulai 28-30 April maka bisa dipastikan terjadi peningkatan arus mudik.

"Kita dalam mengantisipasi kemacetan dan memantau langsung lewat patroli dari pos pengamanan di Jambi menuju jalur Sumatra Selatan tepatnya perbatasan Jambi-Sumsel dan perbatasan Jambi-Riau ataupun Sumatra Barat terutama di wilayah Polres Muarojambi," katanya.

Baca Juga

Untuk fasilitas jalannya sudah cukup lumayan bagus dibanding wilayah provinsi lainnya. Selain itu, Kapolres Muarojambi juga mengingatkan kepada pengemudi supaya berhati-hati dalam mengendarai kendaraan.

Apabila merasa lelah dan mengantuk diimbau untuk segera beristirahat di tempat pos pengamanan atau rest area yang telah di sediakan oleh Polres Muarojambi. "Kita siapkan Pos PAM sekaligus sebagai rest area dan jika pengemudi yang sudah terlalu lelah bisa mampir ke Pos PAM kami, atau ke Polsek kami siapkan untuk rest area," jelasnya.

Lanjut Kapolres, untuk jenis kendaraan yang melintas pada arus mudik tahun ini didominasi oleh kendaraan pribadi plat dari luar Jambi serta bus penumpang antar provinsi. "Terutama dilihat dari barang bawaannya yang naik ke atas ataupun plat nomor dari luar Jambi sudah mulai banyak yang melewati Muaro Jambi," katanya.

Dari data yang diterima dari Dinas Perhubungan yang melintas itu per jam mencapai 300 kendaraan. Sementara itu, Kasat Lantas Polres Muaro Jambi AKP Angga mengatakan hingga saat ini belum terjadi kemacetan di jalur lintas Jambi, baik di jalan lintas timur maupun jalan lintas tengah Sumatra seperti Jambi-Palembang atau Jambi-Riau maupun Jambi-Sumatera Barat.

"Kita mengimbau kepada masyarakat khususnya pemudik yang dari luar daerah Jambi agar berhati-hati dan keselamatan itu menjadi kebutuhan," katanya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada arus mudik lebaran tahun ini, Satlantas Polres Muarojambi juga telah memasang himbauan atau spanduk rawan kecelakaan di titik-titik daerah rawan. "Ini bertujuan agar para pemudik dapat berhati hati saat berkendara," katanya.

Untuk diketahui, Polres Muarojambi mendirikan sebanyak empat pos, yang tersebar di wilayah hukumnya dan menyiagakan sebanyak 209 personel yang terdiri atas 129 personel polisi. Masing-masing terdiri atas TNI, Satpol PP, Dishub, Senkom, dan 12 personel Pramuka.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement