Senin 02 May 2022 08:05 WIB

Jumlah Pembeli Online Diperkirakan Capai 380 Juta pada 2026

Sejak pandemi, Asean telah mengalami peningkatan sekitar 70 juta pembeli online.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Konsumen menunjukkan aplikasi belanja online (ilustrasi). Ninja Xpress telah bermitra dengan DPD group untuk merilis laporan pertama E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Konsumen menunjukkan aplikasi belanja online (ilustrasi). Ninja Xpress telah bermitra dengan DPD group untuk merilis laporan pertama E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ninja Xpress telah bermitra dengan DPD group untuk merilis laporan pertama E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021- Uncovering SEA Online Shoppers & Delivery Preferences. Laporan tersebut menyoroti kebiasaan belanja pembeli online Asean (Asia Tenggara) serta pengalaman berbelanja yang mereka inginkan mulai dari tahap pembelian hingga pengiriman.

Sejak pandemi dimulai dua tahun lalu, Asean telah mengalami peningkatan sekitar 70 juta pembeli online, dan jumlah tersebut diperkirakan akan tumbuh menjadi 380 juta pada 2026. Seiring tren tersebut, sebanyak 63 persen pembeli dari Indonesia juga baru mulai berbelanja online terutama sejak dua tahun lalu, saat awal pandemi dan memaksa setiap orang harus tetap di rumah saja. 

Baca Juga

Dalam 12 bulan terakhir, Ninja Xpress rata-rata telah mengirimkan lebih dari satu juta paket per hari di seluruh Indonesia dengan pertubuhan lebih dari 65 persen dari tahun sebelumnya. Ini menguatkan pengamatan yang lebih luas tentang pertumbuhan e-commerce yang luar biasa. 

Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan, pandemi telah banyak mengubah cara masyarakat berbelanja yaitu dengan mengutamakan belanja secara online. Seiring dengan semakin seringnya mereka berbelanja online, pembeli tentu menginginkan pengalaman berbelanja, termasuk pengiriman barang, yang semakin beragam namun mudah dan lancar. 

"Ninja Xpress melihat potensi ini sebagai kesempatan untuk membuktikan komitmen kami. Hal itu dalam mendukung usaha shipper dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," ujar Andi dalam keterangan pers.

Berdasarkan hasil riset, pembeli online juga mulai terlibat dalam perdagangan ritel lintas batas. Lebih dari separuh responden di Indonesia (52 persen) telah membeli dari situs web asing, dan sebagian besar menyatakan telah melakukannya beberapa kali. Selain membeli dari dalam wilayah SEA langsung, banyak yang menyatakan bahwa mereka telah membeli dari negara-negara Asia lainnya seperti China, Hong Kong, Taiwan, Jepang dan/atau Korea Selatan. 

Perilaku konsumen khususnya di Indonesia ini merupakan sinyal kuat bagi ritel online untuk memaksimalkan potensi mereka yang besar dan memperluas basis pelanggan secara regional atau bahkan global. Pengalaman belanja online berakhir hanya ketika pembelanja menerima barang yang diinginkan. 

Pengiriman, sebagai tahap akhir dari belanja online, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keseluruhan pengalaman. Sebanyak 89 persen dari responden mengatakan bahwa mereka ingin mengetahui perusahaan pengiriman yang mengirimkan paket. 

Pembeli Indonesia yang menginginkan hal tersebut ada di posisi tertinggi dibandingkan dengan negara Asean lainnya. Informasi siapa perusahaan yang mengirim paket dapat memberikan tingkat kepastian pada saat paket dikirim dan jaminan layanan kepada paket yang mereka pesan. 

Banyak juga pembeli di Indonesia yang menyatakan keinginan yang besar untuk pelacakan paket secara real-time dan layanan cepat seperti same day delivery. Hal ini mencerminkan kebutuhan akan layanan dan fasilitas yang memungkinkan pembeli menyesuaikan pengalaman pengiriman paket sesuai kebutuhan mereka.

Survei E-commerce SEA Barometer Report 2021 menegaskan komitmen Ninja Xpress dalam memahami kebutuhan shipper dan pembeli dengan menyediakan pengalaman pengiriman  tanpa repot. Ninja Xpress terus memelihara ekosistem yang menyediakan layanan dan fasilitas bernilai tambah untuk memastikan pengalaman yang lancar bagi semua penggunanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement