Jumat 29 Apr 2022 13:24 WIB

Kehadiran Saddil Ramdani akan Jadi Angin Segar Bagi Timnas U-23

Tenaga Saddil sangat dibutuhkan oleh pelatih timnas U-23 Shin Tae-yong.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas U-23 Indonesia, Saddil Ramdani.
Foto: Antara/Jojon
Pemain timnas U-23 Indonesia, Saddil Ramdani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, ada progres yang dialami oleh skuad timnas U-23 Indonesia menjelang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam. Ia menerangkan semua jadwal dan program yang diajukan oleh tim pelatih sudah berjalan dengan baik.

Selanjutnya, kata Indra, Fachruddin Aryanto dkk akan kembali ke tanah air pada Jumat (29/4) sebelum bertolak ke Vietnam pada 3 Mei 2022.

Baca Juga

"Alhamdulillah di sini semua jadwal dan program terlaksana dengan baik sesuai roadmap dari pelatih. PSSI selalu mendukung terlaksananya program latihan dari pelatih," kata Indra saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (28/4).

Di sisi lain, kabar terbaru menyebutkan klub Malaysia, Sabah FC, akhirnya memberikan kepastian bersedia melepas Saddil Ramdani untuk bergabung dengan timnas U-23 Indonesia untuk berlaga di SEA Games. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melalui pernyataan resminya sekaligus mengucapkan terima kasih kepada klub Malaysia itu.

Menurut Iriawan, tenaga Saddil sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong, khususnya untuk menyisir sisi kiri pertahanan lawan. Selama bermain di Sabah FC, Saddil tampil konsisten sehingga membawa tim yang berada di Pulau Kalimantan itu bisa tampil apik di Liga Super Malaysia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Sabah FC yang mau mengerti bahwa tenaga Saddil sangat dibutuhkan oleh timnas Indonesia, khususnya saat melawan Vietnam di laga pembuka pada Jumat, 6 Mei 2022," ujar Iriawan.

Namun, pada kenyataannya Saddil tidak bisa bergabung bersama skuad Garuda Muda dari awal hingga akhir kompetisi. Sang pemain harus kembali ke Kinabalu, Sabah, pada 10 Mei untuk bermain di FA Cup dan Liga Super Malaysia melawan Penang FC pada 17 Mei. Setelah itu, Sabah FC akan kembali melepas Saddil mulai 18 Mei hingga 15 Juni 2022.

Itu artinya Saddil akan melewatkan laga fase Grup A melawan Timor Leste (10/5), Filipina (13/5), dam Myanmar (15/5). Jika timnas U-23 masuk semifinal, Saddil bisa kembali lagi membela tim. Sebab babak semifinal akan digelar pada Kamis 19 Mei. Kemudian perebutan medali emas, perak, dan perunggu akan digelar pada Ahad 22 Mei 2022.

Kabar ini cukup menggembirakan karena timnas U-23 akan dibela oleh sejumlah pemain yang merumput di luar negeri. Artinya sejauh ini nama-nama seperti Witan Sulaeman (FK Senica), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), dan Saddil Ramdani (Sabah FC) dipastikan akan tersedia.

Sementara untuk ketersediaan Elkan Baggott (Ipswich Town FC) masih belum jelas. "Tunggu saja, kami akan rilis 20 nama pemain buat SEA Games 2021," tutup Indra Sjafri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement