Jumat 29 Apr 2022 21:34 WIB

4 Tips Liburan Menyenangkan saat Puasa Ramadhan

Untuk memudahkan para muslim yang ingin liburan saat puasa ramadhan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Libur Ramadhan
Libur Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim pada bulan Ramadhan. Puasa sendiri adalah kegiatan menahan diri dari segala hawa nafsu mulai dari lapar, emosi, haus, dan nafsu-nafsu lainnya dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Meski puasa sudah menjadi hal yang biasa bagimu, namun hal tersebut akan berbeda jika Kamu ingin liburan menggunakan pesawat. Ada banyak hal yang harus diketahui sebelum liburan saat puasa ramadhan. 

Misalnya seperti waktu sahur dan berbuka yang belum diketahui pasti, mencari makanan halal yang bisa digunakan untuk berbuka, mencari tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan para muslim yang ingin liburan saat puasa ramadhan, ada beberapa tips liburan yang bisa diikuti. Penasaran apa saja tips yang dilansir dari The National ini? Langsung saja, berikut adalah ulasannya:

 

1. Lakukan Persiapan dengan Baik

Membuat Persiapan Travelling saat Ramadhan

Membuat Persiapan Travelling saat Ramadhan

Traveling atau liburan saat ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jadi Kamu tetap bisa menjalankan kewajiban beribadah meskipun sedang melakukan liburan. Terkadang liburan juga dibutuhkan ketika lelah melanda jadi gunakan waktumu dengan sebaik mungkin agar kembali fresh sehingga ibadah puasa semakin maksimal.

Bepergian untuk liburan hampir sama seperti musafir yang melakukan perjalanan jauh. Tidak perlu melakukan persiapan yang berlebihan, Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa hal termasuk dengan rencana awal.

Bawalah peralatan shalat praktis yang mudah di bawah kemana-mana dan tidak menghabiskan banyak tempat di tas. Dengan begitu, Kamu bisa membawanya kemana saja sehingga ketika masuk waktu shalat Kamu tidak perlu bersusah mencari peralatan shalat lagi.

Selain peralatan shalat, Kamu juga perlu membawa bekal untuk berbuka puasa. Pasalnya, waktu berbuka yang belum pasti membuatmu harus siap berbuka kapan saja jika waktu berbuka sudah tiba. 

Untuk menghilangkan kemungkinan sulitnya mencari makanan halal maka Kamu bisa membawa beberapa buah kurma dan air mineral saat liburan.  

Baca Juga: 5 Fashion Item yang Harus Dibawa saat Liburan Agar Tidak Mengganggu Ibadah

2. Perjalanan Melalui Udara

Perjalanan Udara

Perjalanan melalui udara sedikit meringankan kekhawatiranmu berpuasa saat liburan karena beberapa maskapai memberikan bantuan khusus untuk mereka yang berpuasa. Bantuan tersebut yaitu berupa hidangan halal yang disiapkan selama perjalanan. 

Jadi jika waktunya berbuka dan Kamu masih ada di dalam pesawat maka maskapai akan memberikan menu berbuka.

Tidak hanya makanan saja, maskapai-maskapai tersebut juga memberikan fasilitas berupa layar yang bisa digunakan untuk mengetahui waktu shalat di berbagai belahan dunia. Ada juga hiburan bertema ramadhan baik dalam bentuk audio atau program televisi.

Meskipun maskapai tidak menyediakan ruang ibadah, Kamu masih bisa beribadah di kursi dengan melakukan niat dalam hati. Kru pesawat akan selalu memberikan informasi seputar ibadah yang Kamu jalankan misalnya seperti waktu sahur dan waktu berbuka. Jadi Kamu bisa tenang melakukan perjalanan liburan tanpa meninggalkan ibadah wajib.

3. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Memanfaatkan TeknologiMemanfaatkan Teknologi

Kecanggihan teknologi yang ada saat ini memudahkan berbagai aktivitas manusia, termasuk dengan kegiatan liburanmu di bulan puasa. 

Ada banyak aplikasi yang dibuat demi mendukung ibadahmu, misalnya seperti aplikasi untuk menemukan tempat makan halal, aplikasi untuk mencari masjid terdekat, hingga aplikasi yang memberikan informasi waktu shalat.

Tidak hanya aplikasi untuk ibadahmu semakin lancar saja, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung aktivitas liburan misalnya seperti aplikasi untuk mencari penginapan atau aplikasi untuk mencari lokasi wisata terbaik. Ada juga aplikasi alquran sehingga Kamu tetap bisa mengamalkan ibadah sunnah di berbagai negara.

Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya bisa Kamu install di berbagai platform atau sistem operasi baik itu android maupun iOS. 

Kamu bisa menginstall-nya sebelum berangkat liburan atau ketika sudah sampai di lokasi. Namun akan lebih baik jika Kamu menginstall-nya sebelum berangkat liburan sehingga tidak kebingungan ketika sampai di negara tujuan.

Baca Juga: Travelling Yuk! Simak Daftar Negara dan Ketentuannya untuk Berwisata Tahun 2022

4. Pilih Makanan yang Tepat

Memilih Makanan yang Tepat

Memilih Makanan yang Tepat

Tips liburan menyenangkan saat puasa ramadhan selanjutnya yaitu dengan memilih makanan yang tepat. Berlibur ke negara lain terutama dengan jumlah muslim yang minoritas terkadang membuatmu kesulitan untuk menemukan makanan halal. 

Jangan sekali-kali membeli atau menyantap makanan yang tidak berlabel halal karena sangat rawan dengan bahan-bahan yang diharamkan dalam Islam.

Sebelum mencari makanan yang pasti halal, Kamu bisa mengkonsumsi kurma sebagai menu buka puasa. Selain memang disarankan oleh Rasul, kurma memiliki gizi tinggi dan membuatmu kenyang sehingga bisa mencari makanan halal dengan baik.

Gunakan aplikasi mobile untuk mencari restoran dengan label halal. Namun jika memang kesulitan menemukan restoran yang secara khusus berlabel halal, Kamu bisa mengunjungi restoran yang menyediakan makanan olahan seafood atau sayur-sayuran. 

Pasalnya, kedua bahan makan tersebut merupakan bahan makanan halal asal diolah dengan benar.

Puasa Ramadhan Bukan Halangan Untukmu Berlibur

Meski menjalankan puasa wajib di bulan ramadhan, namun Kamu tetap bisa berlibur dengan menyenangkan. Bahkan liburan di bulan puasa tersebut bisa menjadi pengalaman baru yang mengesankan. Agar liburan berjalan dengan lancar maka lakukan persiapan dengan baik. Selamat berlibur dan semoga liburanmu menyenangkan.

Baca Juga: 4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement