Jumat 29 Apr 2022 12:34 WIB

Kemenhub Lepas 111 Bus Mudik Gratis di Terminal Terpadu Pulogebang

Sebanyak 3.330 penumpang dengan 111 bus berangkat menuju Jabar, Jateng, dan Jatim.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Foto udara sejumlah bus program mudik gratis DKI Jakarta parkir di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).
Foto: ANTARA / Fakhri Hermansyah
Foto udara sejumlah bus program mudik gratis DKI Jakarta parkir di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melepas 111 bus yang mengangkut pemudik dalam program mudik gratis di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2022). Ke-111 bus itu dilepas dalam rangka kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub di dua terminal di DKI Jakarta.

"Dari Kemenhub melepas mereka 111 bus dan per busnya 30 orang sehingga 3.330 penumpang dan sekarang sedang berjalan," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulogebang, Junaedi saat ditemui di lokasi, Jumat.

Junaedi mengatakan, mayoritas bus itu membawa pemudik ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. "Paling banyak Jawa Tengah, yaitu Wonogiri dan Solo, kemudian Yogyakarta dan Surabaya," katanya.

Dengan adanya program mudik tersebut, sambung dia, suasana Terminal Terpadu Pulogebang cukup ramai. Junaedi memperkirakan, Jumat menjadi puncak keberangkatan mudik Lebaran.Selain pemudik dalam program mudik gratis, warga yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulogebang diperkirakan lebih 3.000 orang. "Untuk yang kemarin saja keberangkatan sudah mencapai 2.700. Sekarang diperkirakan mencapai 3.000 lebih," kata Junaedi.

Karena itu, pihaknya melakukan beberapa persiapan guna memastikan kegiatan mudik 2022, berjalan dengan aman dan lancar. Salah satunya melalukan pemeriksaan kondisi bus dan kesehatan sopir sebelum berangkat.

Pihaknya juga telah menyiagakan pos keamanan internal untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang di lingkungan terminal. Junaedi berharap, upaya tersebut dapat memperlancar jalannya kegiatan mudik Lebaran tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement