Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Pemkot Tomohon Gandeng Pemprov DKI Kembangkan Proyek Turisme

Jumat 29 Apr 2022 10:26 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wisatawan mancanegara menikmati pemandangan sore hari di Dermaga Danau Linow, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (10/3).

Wisatawan mancanegara menikmati pemandangan sore hari di Dermaga Danau Linow, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (10/3).

Foto: Antara
Tomohon MoU dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk untuk mengembangkan wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, TOMOHON -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggandeng PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, sebuah badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta untuk mengembangkan pariwisata di daerah tersebut. "Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya untuk menjadikan kota ini sebagai kota wisata dunia," kata Kepala Dinas Kominfo Tomohon, Novi Politon di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (29/4/2022).

Pemkot Tomohon menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Kehadiran Ancol Group di Provinsi Sulut, khususnya di Kota Tomohon, kata dia, bisa menambah pengalaman kolaborasi Jakarta dan  pemerintah lainnya.

Novi menjelaskan, ruang lingkup kerja sama tersebut, meliputi penyusunan kajian segi bisnis, penjajakan bentuk, skema, model kerja sama serta hal lain yang berhubungan dengan sinergi potensi pengembangan pariwisata di Kota Tomohon. "Dengan adanya pengembangan proyek tourism Tomohon, maka diperlukan IP Character lokal sebagai brand wisata Tomohon. Inisiasi ini akan menggandeng creative animator sehingga berpotensi menambah lapangan pekerjaan baru," kata Novi.

Dia mengatakan, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria saat penandatanganan MoU tersebut menyebutkan, pihaknya menyambut baik segala upaya untuk menciptakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Tomohon. Bentuk kerja sama dalam menjadikan Kota Tomohon sebagai learning & knowledge hub dalam kemasan pariwisata merupakan suatu konsep terobosan Pemprov DKI Jakarta melalui PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

"Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Jakarta dan Kota Tomohon, sehingga akan berdampak pada pemulihan ekonomi Jakarta dan Tomohon dan secara nasional," ujar Riza.

Wali Kota Caroll Senduk berterima kasih kepada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta atas ditandatanganinya MoU dalam rangka pengembangan dan peningkatan pariwisata di Kota Tomohon. Pemkot Tomohon juga turut mengajak PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta turut menghadiri TIFF 2022 yang rencananya dilaksanakan pada Agustus 2022.

Caroll berharap kerja sama saat ini, bisa berdampak pada peningkatan destinasi wisata Kota Tomohon. Sehingga nantinya berdampak juga pada peningkatan perekonomian masyarakat. Naskah kesepakatan bersama ini ditandatangani oleh Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali di Jakarta pada Rabu (27/4/2022).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA