Jumat 29 Apr 2022 09:36 WIB

Ramadhan Bulan Latihan Fisik dan Mental

SD Bina Insani menggelar acara bertajuk Pinter (Pekan Intensif Ramadhan).

SD Bina Insani mengadakan kegiatan Pinter (Pekan Intensif Ramadhan) secara daring dan luring  pada 18-21 April 2022.
Foto: Dok SBBI
SD Bina Insani mengadakan kegiatan Pinter (Pekan Intensif Ramadhan) secara daring dan luring pada 18-21 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam rangka meningkatkan iman dan Islam para peserta didik, maka SD Bina Insani menggelar acara bertajuk Pinter  (Pekan Intensif Ramadhan). Kegiatan Pekan Intensif Ramadhan ini diselenggarakan secara serentak baik daring maupun  luring. 

Kegiatan dilaksanakan selama sepekan, tanggal  18-21 April 2022, dan diikuti semua siswa  SD Bina Insani Bogor  kelas 1 - 6. 

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SD Bina Insani Bogor, Dra  Eka Rafikah menyampaikan pesan perihal kegiatan Pinter ini. “Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat kita tunggu tunggu kehadirannya dalam kehidupan kita sebagai seorang Muslim. Hal itu dikarenakan kita menyadari bahwa dengan beribadah pada bulan Ramadhan karena iman,  maka Allah akan mengampuni segala dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan,” kata Eka Rafikah seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (26/4).  

Eka menambahkan, bulan Ramadhan disebut juga sebagai the month of training,  bulan yang di dalamnya penuh dengan berbagai latihan, baik latihan fisik maupun mental. “Latihan fisik, di bulan Ramadhan kita dilatih untuk tetap beraktivitas dengan semangat meskipun dalam keadaan berpuasa. Sedangkan latihan mental di antaranya kita dilatih untuk mampu mengendalikan berbagai hawa nafsu,” ujarnya. 

Kegiatan yang dilakukan pada acara  Pinter  tahun ini adalah menghapal surat-surat pendek dalam Alquran sesuai dengan target paralel kelasnya; kajian isi kandungan surat Alquran yang dihapalkan;  mendatangkan narasumber yang dapat memotivasi semangat menghapal surat-surat dalam Alquran, dan ditutup dengan kegiatan ifthar bersama. 

“Kegiatan Pinter  dilakukan secara blended (online dan offline sesuai jadwal kedatangan siswa ke sekolah). Kita berdoa semoga Ramadhan tahun ini dapat menjadikan diri kita sebagai insan insan yang muttaqien, berakhlaqul karimah. Aamiin ya rabbal’alamiin,” papar Eka Rafikah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement