Jumat 29 Apr 2022 08:10 WIB

Arus Mudik Meningkat, Penerapan One Way di Jalan Tol Diperpanjang

Keputusan ini diambil akibat meningkatnya arus lalu lintas di lapangan hingga Jumat.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Polri menerapkan kebijakan jalur satu arah atau
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Polri menerapkan kebijakan jalur satu arah atau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Korlantas Komisaris Besar (Kombes) Eddy Djunaedi mengatakan pihaknya memperpanjang rekayasa lalu lintas satu arah perjalanan atau one way di ruas tol Jakarta ke arah timur Jawa. Keputusan ini diambil akibat meningkatnya arus lalu lintas di lapangan hingga Jumat (29/4/2022) pukul 02.00 WIB.

"Skema one way malam diperpanjang, untuk mengantisipasi derasnya arus mudik dari arah Jakarta pada malam hari ini," ujar Eddy kepada awak media, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga

Selanjutnya, Eddy mengimbau agar masyarakat tetap tertib dalam berkendara dan memanfaatkan jalur arteri maupun alternatif yang ada. Kemudian pihaknya juga meminta maaf atas diperpanjang skema satu arah dari Jakarta ke arah timur.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Mohon agar para pemudik tetap berhati-hati dan mematuhi arahan petugas," kata Eddy.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, memerintahkan jajarannya untuk mempersiapkan secara maksimal jalur mudik. Tujuannya, agar masyarakat yang hendak merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman merasa nyaman di perjalanan.

“Tadi setelah melihat jalur, tol sekarang saya mengecek jalur Arteri, memang saya perintahkan agar Polres bersama Forkopimda Kabupaten, Kodim, Pemda dan Kementerian terkait untuk mempersiapkan secara maksimal agar masyarakat yang mudik betul-betul nyaman,” tutur Fadil Imran.

Ia juga mengungkapkan, bahwa di rest area motor dan mobil Jalan Arteri Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi memiliki fasilitas yang bagus. Yakni mulai dari posko kesehatan, bengkel serta pom bensin. Bahkan Kapolda Metro Jaya memuji langkah Kementerian PUPR yang menyiapkan toilet yang dinilai sangat representatif.

“Toiletnya bagus saya udah lihat sendiri untuk mandi, untuk buang air besar, buang air kecil yang sangat bagus," kata Fadil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement