Jumat 29 Apr 2022 07:35 WIB

Mengenal Jessica Watkins, Wanita Kulit Hitam Pertama di Kru ISS

Watkins adalah wanita kulit hitam kelima dalam sejarah yang terbang ke luar angkasa.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronot NASA Jessica Watkins akan menjadi wanita kulit hitam dalam kru Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Foto: nasa
Astronot NASA Jessica Watkins akan menjadi wanita kulit hitam dalam kru Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronot NASA Jessica Watkins adalah wanita kulit hitam pertama yang bertugas di kru Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Suatu hari dia mungkin akan melakukan perjalanan ke bulan.

Watkins dan astronot NASA Kjell Lindgren, komandan misi, dan Robert Hines, serta astronot Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti, terbang ke stasiun pada Rabu (27/4/2022) sebagai bagian dari misi Crew-4 SpaceX. Para kru menaiki kapsul SpaceX Dragon baru Freedom dan dijadwalkan tiba di stasiun padaKamis (28/4/2022). 

Baca Juga

Dengan misi ini, kru akan menghabiskan sekitar enam bulan di stasiun. Watkins akan menjadi astronot wanita kulit hitam pertama yang menjadi kru Stasiun Luar Angkasa Internasional. 

Watkins adalah salah satu astronot Artemis NASA yang bisa melakukan perjalanan ke dan mendarat di bulan. Jadi, ini bukan terakhir kalinya dia akan menorehkan sejarah.

"Saya pikir penting untuk mengakui ini sebagai tonggak sejarah bagi agensi kami dan untuk negara kami, juga, untuk mengetahui bahwa kami sedang membangun di atas fondasi yang diletakkan oleh astronot wanita kulit hitam yang telah datang sebelum saya," kata Watkins. 

Watkins adalah wanita kulit hitam kelima dalam sejarah yang terbang ke luar angkasa, mengikuti astronot NASA Mae Jemison, Stephanie Wilson, Joan Higginbotham, dan astronot swasta Sian Proctor. Semuanya terbang dengan Crew-4.

Yvonne Cagle dan Jeanette Epps adalah satu-satunya dua wanita kulit hitam di korps astronot NASA yang belum pernah terbang ke luar angkasa. Epps akan melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan kapsul Starliner Boeing, yang merupakan jawaban perusahaan untuk SpaceX's Dragon.

Perhentian Watkins berikutnya adalah bulan setelah tugas bersejarahnya di stasiun luar angkasa. Untuk pertama kalinya sejak pendaratan bulan terakhir program Apollo pada tahun 1972. Misi Artemis NASA bermaksud mengembalikan manusia ke permukaan bulan. 

Watkins adalah anggota tim Artemis NASA, yang berarti dia dapat dipilih untuk salah satu misi awak Artemis, termasuk pendaratan Artemis pertama di bulan. Sebagai ahli geologi, Watkins telah mengungkapkan antusiasmenya terhadap potensi pendaratan suatu hari di bulan.

"Kami telah melihat banyak gambar dan bahkan melihat sampel yang dibawa kembali oleh astronot Apollo," katanya. 

Jika berhasil, misi Artemis bukan hanya akan menjadi pendaratan pertama di bulan sejak 1972, tetapi NASA telah mengatakan bahwa misi Artemis ingin menempatkan wanita dan orang kulit berwarna pertama di bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement