Kamis 28 Apr 2022 21:27 WIB

Polda Jateng Siagakan Tim Urai Cegah Kemacetan Arus Mudik

Jalur pantura disiapkan untuk pengalihan arus.

Polda Jateng Siagakan Tim Urai Cegah Kemacetan Arus Mudik (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Polda Jateng Siagakan Tim Urai Cegah Kemacetan Arus Mudik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Jajaran Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyiagakan tim urai yang bertugas mencegah kemacetan di jalur Tol Transjawa, jalur pantura, dan jalur selatan saat arus mudik Lebaran 2022.

"Anggota semuanya sudah disiapkan. Mereka akan mengendarai sepeda motor, bukan mobil untuk mengurai titik-titik rawan kemacetan," kata Kepala Polda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi di Batang, Jawa Tengah, Kamis (28.

Baca Juga

Kapolda meminta jajaran polres yang berada di wilayah pantura maupun selatan agar menyiapkan tim urai untuk mengatasi kemungkinan terjadi kemacetan di wilayahnya masing-masing.

Adapun sejumlah titik rawan kemacetan di jalur pantura antara lain perlintasan rel kereta api Kota Pekalongan dan beberapa titik simpul lampu rambu-rambu lalu lintas. "Semuanya akan ditangani oleh tim urai secara cepat. Namun demikian, kami mengimbau pada pemudik tetap waspada saat berkendara dan patuhi aturan lalu lintas, serta jika sudah lelah segera beristirahat ke 'rest area' terdekat," katanya.

Ahmad Lutfhi memastikan pihaknya akan mengaktifkan seluruh pos pengamanan untuk mengantisipasi kemacetan yang bisa terjadi di jalur pantura. "Jalur pantura disiapkan untuk pengalihan arus, mulai Polres Kendal, Batang, Pekalongan Kota, Pemalang, dan Tegal. Semua langkah ini kami lakukan untuk merekayasa arus mudik yang melewati jalur pantura dapat nyaman," katanya.

Kapolda memprediksi lonjakan arus mudik Lebaran 2022 yang memasuki wilayah Jawa Tengah akan mulai terjadi pada Kamis malam, sedangkan titik kemacetan di jalur tol mulai dari Pejagan hingga Kalikangkung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement