Kamis 28 Apr 2022 21:15 WIB

Holding Jasa Survei Layani Verifikasi TKDN untuk Pelaku Usaha

Holding Jasa Survey menargetkan mengeluarkan 1.250 sertifikat TKDN pada 2022.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Mohamad Cholil melakukan sambutan dalam acara Silaturahmi Ramadan Surabaya pada Rabu (27/04) di Graha Sucofindo Surabaya.
Foto: Biro Klasifikasi Indonesia
Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Mohamad Cholil melakukan sambutan dalam acara Silaturahmi Ramadan Surabaya pada Rabu (27/04) di Graha Sucofindo Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding BUMN jasa survei atau ID Survey mendukung penuh peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) dalam acara silaturahmi ramadhan Wilayah Jawa-Bali di Graha Sucofindo Surabaya, Jawa Timur. Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI Mohamad Cholil mengatakan, pemenuhan P3DN berkontribusi besar terhadap peningkatan produktivitas dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang pemberdayaan industri.

"Dalam mendorong P3DN, ID Survey memiliki layanan jasa sebagai verifikator untuk sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo," ujar Cholil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga

Cholil menyampaikan jasa Surveyor Indonesia dan Sucofindo sudah lengkap dengan infrastruktur, auditor yang terakreditasi, serta pengalaman yang mumpuni untuk melayani jasa verifikasi TKDN. Selain itu, lanjut Cholil, kedua anggota holding jasa survei itu juga telah ditunjuk Kementerian Perindustrian sebagai lembaga surveyor dan verifikator TKDN.

Penunjukan ini berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No 57/M-IND/PER/7/2006 Tentang Penunjukan Surveyor Sebagai Pelaksana Verifikasi Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri.

"Masa mendatang kami akan terus menjaga komitmen ini dan menjalankan penugasan pemerintah, khususnya merealisasikan P3DN. Oleh karena itu, pada momen silaturahmi ramadhan di Surabaya ini, kami juga menyerahkan sertifikat TKDN yang telah diterbitkan Kemenperin kepada pelaku usaha," ungkap Cholil.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, Haris M Witjaksono mengatakan, pengerjaan TKDN Surveyor Indonesia bersama Sucofindo berperan dalam melakukan audit untuk kepentingan lelang, pengadaan barang dan jasa, serta konsultansi. Haris menambahkan, sebagai implementasi komitmen atas P3DN, ID Survey telah melakukan verifikasi sebanyak 632 pelaku usaha pada periode Januari hingga April 2022.

"Kami akan terus mendukung dan merealisasikan target Kementerian Perindustrian untuk mengeluarkan 1.250 sertifikat TKDN pada 2022," ucap Haris.

Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas mengatakan, perusahaan juga membantu Kemenperin dalam sosialisasi program TKDN kepada pelaku usaha, juga memberikan bimbingan mengenai perhitungan TKDN. Darwin menjelaskan proses pengajuan sertifikasi TKDN yakni pelaku usaha dapat menghubungi lembaga survei independen, Sucofindo atau PT Surveyor Indonesia.

Kemudian, lanjut Darwin, perusahaan menyiapkan dokumen legalitas perusahaan, yaitu Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Industri (IUI). Dokumen legalitas yang masih berlaku atau pengajuan IUI melalui Online Single Submission (OSS) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang sudah berlaku efektif untuk tahap pengajuan.

"Langkah berikutnya, lembaga survey akan melakukan site visit dan menghitung porsi lokal dan impor dari bahan baku atau material yang digunakan dan tenaga kerja (langsung dan tidak langsung). Kemudian, akan keluar laporan verifikasi, yang nanti akan disetujui dan sertifikat dikeluarkan Kemenperin," kata Darwin.

Direktur Utama BKI Rudiyanto mengatakan kegiatan di Surabaya ini merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan koordinasi dan silaturahmi ramadhan IDSurvey. Sebelumnya, kegiatan holding engagement ID Survey telah terlaksana di beberapa kota yaitu Batam pada 7 April 2022, Jakarta pada 12 April 2022 dan Balikpapan pada 14 April 2022.

Rudiyanto berharap setelah kegiatan ini semakin memperkuat integrasi tiga perusahaan yang tergabung dalam ID Survey dan bisa melakukan proses transisi yang terkonsolidasi dengan baik.

"Manajemen yakin, komunikasi antarentitas di setiap wilayah akan menjadikekuatan untuk menyukseskan visi dan misi ID Survey," ujar Rudiyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement