Kamis 28 Apr 2022 16:44 WIB

PM Jepang akan ke Indonesia Besok Temui Presiden Jokowi

Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi PM Jepang dalam lawatannya.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida akan berkunjung ke Indonesia pada Jumat-Sabtu (29-30/4/2022).
Foto: AP/Sadayuki Goto/Kyodo News
Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida akan berkunjung ke Indonesia pada Jumat-Sabtu (29-30/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida akan berkunjung ke Indonesia pada Jumat-Sabtu (29-30/4/2022). Indonesia merupakan negara pertama yang akan dikunjungi dalam rangkaian lawatan luar negerinya kali ini.

Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Santo Darmosumarto mengatakan, PM Kishida juga akan melakukan kunjungan ke Thailand, Vietnam, Italia, Korsel, dan Inggris. Kunjungan ke Asia Tenggara ini merupakan yang kedua kalinya bagi PM Jepang, setelah sebelumnya berkunjung ke Kamboja, selaku Ketua ASEAN, di Maret 2022. 

Baca Juga

"Hal ini tidak hanya merefleksikan arti penting kawasan Asia Tenggara, tetapi secara khusus Kemitraan Strategis RI-Jepang, yang akan berusia 65 tahun tahun depan," ujar Santo dalam pengarahan media secara virtual, Kamis (28/4/2022).

Seperti dijadwalkan, PM Kishida akan melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (29/4/2022) sore di Istana Bogor. PM Jepang juga dijadwalkan untuk meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata serta melakukan beberapa pertemuan lainnya pada tanggal 30 April 2022.

"Dalam kunjungan besok dan menimbang mengingat bahwa jepang merupakan salah satu mitra ekonomi terdepan bagi Indonesia maka fokus dari pembahasan dalam pertemuan dari perspektif kita adalah bagaimana kemitraan ekonomi yang bersejarah tersebut bisa mendorong atau menjadi basis bagi penguatan kerja sama dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi harapannya di masa pascapandemi," ujar Santo. 

Jepang adalah negara tujuan ekspor terbesar ke-3 dan investor terbesar ke-5 bagi Indonesia. Kerja sama pembangunan dan infrastruktur juga intensif, sebagaimana terlihat dari proyek-proyek flagship yang kini sedang dikembangkan, seperti MRT Jakarta dan Pelabuhan Patimban. "Tentunya juga akan diangkat beberapa isu terkait dengan perkembangan di kawasan maupun dunia," lanjutnya.

PM Kishida dan Presiden Jokowi juga diharapkan akan membahas mengenai isu-isu di kawasan dan dunia yang menjadi perhatian bersama, termasuk presidensi dan isu-isu prioritas Indonesia di G20 tahun ini dan menyoal Ukraina.

PM Kishida dilantik menjadi Kepala Pemerintahan Jepang pada 4 Oktober 2021, menggantikan YM SUGA Yoshihide. PM Kishida pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Jepang. Kunjungan Kepala Pemerintahan Jepang ke Indonesia terakhir kali dilakukan oleh PM Suga pada Oktober 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement